Tautan-tautan Akses

Capres Oposisi Serukan Pembatalan Hasil Pilpres Guinea


Poster kampanye pemilihan umum Presiden Alpha Conde di Conakry, Guinea (10/9). (Reuters/Saliou Samb)

Poster kampanye pemilihan umum Presiden Alpha Conde di Conakry, Guinea (10/9). (Reuters/Saliou Samb)

Mereka telah mencatat sejumlah pelanggaran dalam pemilu, termasuk hasil yang dipalsukan, kotak suara yang sudah terisi dan intimidasi serta penangkapan oleh pasukan keamanan.

Calon-calon oposisi menyerukan agar hasil pemilihan presiden Guinea dibatalkan, dengan alasan pemilihan hari Minggu (11/10) itu diwarnai kecurangan untuk memenangkan pemimpin petahana Alpha Conde.

Wartawan Chris Stein, yang melaporkan untuk VOA dari ibukota Guinea, Conakkry, mengatakan tujuh calon oposisi mengadakan jumpa pers hari Senin untuk mengutuk pemilu tersebut sebagai “penipuan besar.”

Para calon mengatakan mereka telah mencatat sejumlah pelanggaran dalam pemilihan itu, termasuk hasil yang dipalsukan, kotak suara yang sudah terisi dan intimidasi serta penangkapan oleh pasukan keamanan.

Penantang utama Conde, mantan perdana menteri Cellou Dalein Diallo, mengatakan ia dan para calon lain mengatakan tidak akan mengakui hasilnya.

Belum ada pengukuhan independen mengenai tuduhan itu. Seorang diplomat barat mengatakan hari Senin memang benar ada “masalah logistik” di seluruh negara itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyambut baik “penyelenggaraan damai” pemilihan itu. Dalam pernyataan Senin, ia juga mendorong semua pemimpin politik di Guinea agar memperlihatkan suasana damai dan menahan diri dari pernyataan yang mungkin akan menimbulkan kekerasan atau kerusuhan.”

Presiden Conde diperkirakan akan memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilihan itu. Namun ada kemungkinan hasilnya terlalu cukup berimbang untuk memaksakan pemilihan babak kedua. [gp]

XS
SM
MD
LG