Tautan-tautan Akses

Capres AS Romney Ambil Sikap Agresif dalam Debat Pertama


President Barack Obama (kiri) menyimak saat capres dari partai Republik, Mitt Romney berbicara dana debat pertama calon presiden AS di Denver (3/10).

President Barack Obama (kiri) menyimak saat capres dari partai Republik, Mitt Romney berbicara dana debat pertama calon presiden AS di Denver (3/10).

Calon presiden dari partai Republik, Mitt Romney mengambil sikap agresif terhadap Presiden Obama mengenai ekonomi, perawatan kesehatan, pendidikan dan peranan pemerintah dalam Debat Pertama Capres AS.

Romney, seorang mantan gubernur Massachusetts, mengatakan pendekatan belanja pemerintah yang sangat besar dan pajak tinggi Obama merupakan pemerintah yang hanya meneteskan sedikit dana ke sektor swasta, yang akan merusak ekonomi Amerika dan memperburuk defisit anggaran federal.

Romney mengatakan warga golongan menengah Amerika telah terkubur atau hancur di bawah pajak tinggi. Menurutnya, tarip pajak harus diturunkan, baik pajak perusahaan maupun pajak perorangan.

Namun Obama menjawab bahwa rencana Romney untuk memotong pajak, terutama bagi golongan kaya Amerika, akan mengakibatkan pemotongan besar program dalam negeri yang penting.

Presiden mengatakan sekalipun peranan pertama pemerintah federal adalah menjaga keselamatan rakyat, pemerintah juga harus menciptakan kerangka dimana orang dapat berhasil. Ia mengemukakan bahwa pemerintah di masa lampau turut membantu penciptaan rel kereta api, lembaga-lembaga penelitian dan lembaga-lembaga pendidikan.
XS
SM
MD
LG