Tautan-tautan Akses

AS

Candice Glover Pemenang American Idol 2013


Candice Glover, pemenang "American Idol 2013" tampil dalam final acara pencarian bakat itu di Nokia Theatre di Los Angeles (16/5). (AP/Invision/Matt Sayles)

Candice Glover, pemenang "American Idol 2013" tampil dalam final acara pencarian bakat itu di Nokia Theatre di Los Angeles (16/5). (AP/Invision/Matt Sayles)

Candice Glover menjadi pemenang American Idol 2013, penyanyi perempuan pertama yang memenangkan kompetisi itu sejak 2007.

Candice Glover, seorang penyanyi soul dari pedesaan negara bagian South Carolina, terpilih menjadi “American Idol”, Kamis malam (16/5) waktu setempat dan menjadi penyanyi perempuan pertama yang memenangkan kompetisi menyanyi tersebut sejak 2007.

Setelah tiga kali mencoba peruntungannya dalam tiga musim kompetisi, Glover yang berusia 23 tahun itu akhirnya menjadi juara mengalahkan penyanyi country Kree Harison, 22, dari Woodville, Texas.

Setelah diumumkan sebagai pemenang, Glovery yang berurai air mata menyanyikan lagu kemenangan berjudul "I Am Beautiful."

Glover menjadi penyanyi perempuan dan non-kulit putih pertama yang memenangkan kompetisi itu sejak Jordin Sparks pada 2007. Para pemenang sebelumnya -- Phillip Phillips, Scotty McCreery, Lee DeWyze, Kris Allen dan David Cook — semuanya penyanyi kulit putih sekaligus pemain gitar, atau disebut WGWG – “White Guys with Guitars.”

Selain pengukuhan Glover, acara final Kamis malam juga sebagai pesta perpisahan bagi Randy Jackson, juri asli terakhir yang mengumumkan pengunduran dirinya minggu lalu untuk fokus pada bisnis rekaman dan peluang lain.

Jackson telah menjadi juri selama 12 musim. Ia pertama kali muncul bersama dengan produser Simon Cowell dan Paula Abdul setelah kompetisi tersebut diluncurkan pada 2002, dan menjadi terkenal dengan ucapannya “yo, dawg.”

Acara final American Idol 2013 yang berlangsung dua jam dimeriahkan oleh Jennifer Hudson, Psy, Frankie Valli, Emeli Sande, Jessie J, Aretha Franklin dan mantan juri Jennifer Lopez. Juri saat ini, Keith Urban dan Mariah Carey, serta Jackson yang bermain bass, juga tampil di panggung. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG