Tautan-tautan Akses

Calon Terkuat Pimpin IMF, Lagarde Puas di Tiongkok


Menkeu Perancis, Christine Lagarde melakukan kampanye ke Tiongkok (8/6) untuk menduduki posisi Kepala IMF.

Menkeu Perancis, Christine Lagarde melakukan kampanye ke Tiongkok (8/6) untuk menduduki posisi Kepala IMF.

Menkeu Perancis Christine Lagarde bertemu Wakil PM Wang Qishan dan gubernur bank sentral Tiongkok, Zhou Xiaochuan.

Menteri keuangan Perancis Christine Lagarde mengatakan dia sangat puas setelah pembicaraan dua hari dengan para pemimpin Tiongkok mengenai usahanya untuk menjadi direktur Dana Moneter Internasional atau IMF.

Lagarde mengatakan kepada para wartawan di Beijing hari Kamis setelah pertemuannya dengan Wakil Perdana Menteri Wang Qishan, gubernur bank sentral Zhou Xiaochuan, dan para pejabat tinggi lain. Dia mengatakan semua pihak sependapat bahwa proses pemilihan hendaknya terbuka, transparan, dan didasarkan pada kemampuan.

Media pemerintah Tiongkok mengutip Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi yang mengatakan setelah pertemuan dengan Lagarde hari Rabu bahwa dia telah menjelaskan tujuan pencalonannya dan ada persaingan terbuka untuk jabatan itu.

Lagarde dianggap calon terkuat untuk menggantikan Dominique Strauss Kahn, yang meletakkan jabatan setelah didakwa hendak melakukan perkosaan di Kota New York. Penantang paling kuat Lagarde untuk jabatan itu adalah gubernur bank sentral Meksiko Agustin Carstens, yang akan berkunjung ke Tiongkok pekan depan.

XS
SM
MD
LG