Tautan-tautan Akses

2 Calon Terkuat Muncul dalam Pilpres Afghanistan


Mantan menteri keuangan Ashraf Ghani dalam sebuah jumpa pers di Kabul (13/4).

Mantan menteri keuangan Ashraf Ghani dalam sebuah jumpa pers di Kabul (13/4).

Mantan Menteri Keuangan Ashraf Gani dan politisi oposisi Abdullah Abdullah muncul sebagai calon terkuat dengan suara masing-masing 42 suara dan 38 persen.

Dua calon presiden terkuat telah muncul dari pemilihan presiden 5 April di Afghanistan, yaitu mantan menteri keuangan Ashraf Ghani dan politisi oposisi Abdullah Abdullah.

Dengan kira-kira 10 persen suara dihitung, Abdullah unggul dengan memperoleh hampir 42 persen suara. Ghani memperoleh kira-kira 38 persen, sementara calon ketiga, Zalmai Rassoul, ketinggalan di belakang dengan kurang dari 10 persen.

Seluruhnya kira-kira tujuh juta orang turut memberi suara. Hasil terakhir diperkirakan akan diketahui bulan depan. Pemilihan babak kedua akan diadakan kalau tidak ada dari ke-8 calon meraih suara mayoritas.

Abdullah memberitahu kantor berita Associated Press ia telah melakukan pembicaraan dengan Rassoul. Tetapi, ia mengatakan terlalu dini untuk membicarakan kemungkinan aliansi. Ia mengatakan ia akan mengusahakan pemerintah persatuan jika ia terpilih.
XS
SM
MD
LG