Tautan-tautan Akses

Calon Penerus Gaddafi Ubah Citra Hadapi Demonstran Anti-Pemerintah


Seif Gaddafi, putra Moammar Gaddafi dalam sebuah konferensi pers di Tripoli (foto:dok).

Seif Gaddafi, putra Moammar Gaddafi dalam sebuah konferensi pers di Tripoli (foto:dok).

Sebelumnya dikenal suka berpesta, putra kedua Gaddafi berubah haluan setelah merebaknya demonstrasi anti-pemerintah di Libya.

Tertua kedua dari tujuh putra pemimpin Libya Moammar Gaddafi, Seif Gaddafi, pernah dianggap sebagai penerus ayahnya dan dijadikan simbol harapan Libya untuk reformasi dan keterbukaan.

Ia meraih gelar doktor dari London School of Economics dan fasih berbicara bahasa Inggris. Seif Gaddafi juga memiliki reputasi suka berpesta dan penakluk wanita. Ia dikabarkan membayar penyanyi pop Amerika, Mariah Carey, satu juta dolar untuk menyanyi hanya empat lagu di sebuah pesta pribadi St.Barts, sebuah pulau di Karibia.

Pada 1997, ia mendirikan badan amal, Gaddafi International Foundation for Charity Associations. Lembaga tersebut berperan dalam menangani berbagai kasus penyanderaan yang melibatakan militan Islamis dan mengirimkan ratusan ton bahan bantuan ke Haiti yang diguncang gempa.

Namun, setelah para demonstran anti-pemerintah turun ke jalan-jalan sebelumnya tahun ini, ia berubah sikap. Di bulan Februari, ia menyampaikan pidato secara spontan melalui televisi pemerintah Libya yang menyalahkan agenda-agenda pribadi faksi-faksi kesukuan sebagai penyebab pergolakan. Ia juga bersumpah jika protes berlanjut, puluhan ribu orang akan mati sehingga menciptakan sungai darah.

Di bulan Mei, seorang penuntut dari Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) mengatakan ia memiliki bukti langsung bahwa pemimpin Libya Moammar Gaddafi, anaknya, Seif Gaddafi dan kepala dinas intelijen Libya memerintahkan penggunaan amunisi sungguhan dan senjata berat terhadap para demonstran. Para hakim ICC mengatakan ketiga orang itu bertanggungjawab atas aksi pembunuhan, pencideraan dan pemenjaraan ratusan warga sipil dalam dua pekan pertama pergolakan.

XS
SM
MD
LG