Tautan-tautan Akses

Calon Menhan AS Dukung Bantuan Senjata Mematikan bagi Ukraina


Calon pilihan Presiden Obama untuk Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter memberikan keterangan pada sidang konfirmasinya di Senat AS, Rabu (4/2).

Calon pilihan Presiden Obama untuk Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter memberikan keterangan pada sidang konfirmasinya di Senat AS, Rabu (4/2).

Calon pilihan Presiden Obama untuk Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter mengatakan ia mendukung bantuan militer bagi Ukraina dengan mengirimkan “senjata letal”.

Calon pilihan Presiden Barack Obama untuk menteri pertahanan Amerika hari Rabu (4/2) mengatakan bahwa ia cenderung untuk mendukung Ukraina dengan menyediakan “senjata letal” untuk memerangi pemberontak yang didukung Rusia.

Ashton Carter mengeluarkan komentar tersebut dalam sidang konfirmasinya di Senat AS, setelah Senator dari Partai Republik John McCain menanyakan pendapatnya mengenai Amerika mendukung Ukraina dengan senjata untuk memerangi pemberontak di Ukraina. Sidang konfirmasi itu dilakukan dihadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat Amerika.

Sebelumnya hari Rabu Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian mengatakan kepada wartawan di Paris bahwa Perancis tidak berniat untuk memberikan “senjata letal” kepada Ukraina “pada tahap sekarang”.

Hari Selasa, Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan kembali komentarnya sehari sebelumnya bahwa Jerman tidak akan mengirimkan “senjata letal” kepada Ukraina dan alih-alih akan memusatkan pada “penyelesaian diplomatik”. Merkel akan ke Washington untuk bertemu Presiden Obama hari Senin.

Pembahasan kebijakan itu dilakukan sementara pertempuran sengit terus berlangsung di Ukraina timur. Penembakan artileri dekat sebuah RS di kota Donetsk yang dikuasai pemberontak hari Rabu menewaskan sekurangnya empat orang.

XS
SM
MD
LG