Tautan-tautan Akses

AS

California Menentukan dalam Nominasi Partai Republik


Kandidat calon presiden Partai Republik AS, Senator Ted Cruz (kanan) bersama mantan CEO Hewlett-Packard Carly Fiorina dalam kampanye di Indianapolis (26/4). (AP/Michael Conroy)

Kandidat calon presiden Partai Republik AS, Senator Ted Cruz (kanan) bersama mantan CEO Hewlett-Packard Carly Fiorina dalam kampanye di Indianapolis (26/4). (AP/Michael Conroy)

Para anggota partai Republik di California akan mengirimkan 172 delegasi ke konvensi nasional bulan Juli, terbanyak dari negara bagian manapun.

Kandidat presiden AS dari partai Republik Ted Cruz, senator dari Texas, mengatakan pemilihan pendahuluan di California pada 7 Juni, yang biasanya kurang berpengaruh karena diadakan belakangan, tahun ini akan memutuskan nominasi partainya.

Cruz, yang berada di belakang miliarder Donald Trump dalam persaingan tersebut, mengatakan kepada delegasi di Konvensi Republik California bahwa kampanyenya akan “bersaing ketat di distrik demi distrik.”

Para anggota partai Republik di California akan mengirimkan 172 delegasi ke konvensi nasional bulan Juli, terbanyak dari negara bagian manapun. Kandidat perlu meraih 1.237 delegasi untuk bisa dinominasikan.

Cruz berpidato di hadapan para petinggi Republik di California Sabtu (30/4), hanya beberapa jam sebelum pidato oleh kandidat yang ditunjuknya sebagai wakil presiden Carly Fiorina, mantan eksekutif perusahaan teknologi di Silicon Valley. Kandidat terdepan, Donald Trump dan Gubernur Ohio John Kasich, yang menyusul di posisi ketiga, berbicara hari Jumat.

Trump telah merebut hampir 1.000 dari 1.237 delegasi yang diperlukan agar dinominasikan, menurut penghitungan Associate Press. Cruz memiliki kurang dari 600, tetapi masih bisa merebut delegasi lebih banyak dalam beberapa pemilihan pendahuluan mendatang.

Para kandidat berikutnya akan berhadapan Selasa di negara bagian Indiana untuk memperbutkan delegasi. [vm]

XS
SM
MD
LG