Tautan-tautan Akses

California Loloskan UU Bantuan Pendidikan Tinggi bagi Imigran Gelap


Para keluarga imigran keturunan Hispanic melakukan unjuk rasa di salah satu kota di Amerika (foto: dok).

Para keluarga imigran keturunan Hispanic melakukan unjuk rasa di salah satu kota di Amerika (foto: dok).

Imigran gelap yang tengah diproses status kewarganegaraannya kini dapat memperoleh bantuan biaya pendidikan di negara bagian California.

Imigran gelap di negara bagian California, Amerika, sekarang dapat menerima bantuan keuangan untuk pendidikan di bawah RUU yang baru saja ditandatangani menjadi UU hari Sabtu.

Bagian kedua dari dua bagian UU itu dikenal dengan nama "Dream Act", dan memungkinkan imigran gelap yang tengah diproses status kewarganegaraannya dapat mengajukan permohonan bantuan biaya pendidikan dari negara bagian California.

Bagian pertama dari RUU itu telah ditandatangani menjadi UU bulan Juli, isinya menyetujui pemberian beasiswa dan pinjaman dari pihak swasta bagi mahasiswa. Hanya ada dua negara bagian lainnya, yakni Texas dan New Mexico, yang memungkinkan imigran gelap mendapat bantuan biaya pendidikan perguruan tinggi dari negarabagian.

Imigrasi gelap adalah isu kontroversial di Amerika. Para penentang UU itu mengatakan UU itu akan mendorong orang-orang berimigrasi secara gelap, namun pendukung UU itu berpendapat anak-anak yang dibawa ke Amerika secara ilegal oleh orang tua mereka tidak boleh dihukum.

XS
SM
MD
LG