Tautan-tautan Akses

California Buka Jalan bagi Penggunaan Mobil Swakemudi


Salah satu mobil swakemudi yang dikembangkan oleh Google dipamerkan di Mountain View, California (foto: dok).
Salah satu mobil swakemudi yang dikembangkan oleh Google dipamerkan di Mountain View, California (foto: dok).

Berdasarkan proposal peraturan negara bagian California mobil-mobil tanpa setir, pedal dan tidak ada orang di dalamnya bisa meluncur sendiri di jalan-jalan California menjelang akhir tahun akan menjadi pendorong kuat bagi teknologi yang berkembang pesat.

Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan teknologi dan pembuat mobil sudah menguji prototif mobil yang swakemudi (mengemudikan sendiri) di lingkungan perumahan dan di jalan bebas hambatan. Namun, pihak berwenang berkeras agar kendaraan-kendaraan itu dilengkapi setir, pedal dan manusia sebagai pengemudi cadangan yang bisa mengambil alih dalam situasi darurat.

Hari Jumat lalu, Departemen Kendaraan Bermotor mengusulkan peraturan yang akan membuka jalan bagi mobil yang benar-benar tanpa pengemudi.

Berdasarkan peraturan itu, uji kendaraan-kendaraan semacam itu di jalan raya bisa dimulai menjelang akhir 2017 dan sejumlah kecil kendaraan itu bisa dijual sedini 2018 jika pemerintah federal memberi izin.

Standar kendaraan saat ini mewajibkan setir, meskipun Departemen Transportasi Amerika mendukung teknologi mobil tanpa pengemudi dan menyambut proyek contoh yang sesungguhnya.

Meskipun hanya sedikit negara bagian lain yang menyambut baik uji tersebut, proposal peraturan itu merupakan langkah maju yang penting mengingat California sebagai negara bagian yang paling padat penduduknya, yang membanggakan diri sebagai pasar mobil terbesar di Amerika dan peran lamanya sebagai pencita tren budaya. [my/al]

XS
SM
MD
LG