Tautan-tautan Akses

Caitlyn Jenner Dapat Penghargaan Glamour Awards

  • Associated Press

Caitlyn Jenner saat menerima penghargaan Arthur Ashe dari ESPY Awards di Microsoft Theater di Los Angeles, 15 Juli 2015.

Caitlyn Jenner saat menerima penghargaan Arthur Ashe dari ESPY Awards di Microsoft Theater di Los Angeles, 15 Juli 2015.

Jenner bukanlah perempuan transgender pertama yang menjadi Perempuan Glamour Tahun Ini. Tahun lalu, yang mendapat penghargaan adalah aktris Laverne Cox.

Caitlyn Jenner, salah satu dari perempuan yang paling banyak dibicarakan di dunia, menerima penghargaan Perempuan Glamour Tahun Ini hari Senin (9/11), mengatakan kepada para hadirin bahwa ia yakin ia ada di dunia ini untuk menceritakan kisahnya dan membuat perbedaan di dunia.

Jenner, salah satu dari penerima penghargaan yang termasuk aktris Reese Witherspoon, penari Misty Copeland dan perancang busana Victoria Beckham, juga mengatakan bahwa, kalau-kalau orang bertanya-tanya, "Saya sangat bahagia hidup di sisi lain."

Ia mengatakan sebelum ia terbuka sebagai perempuan, ia banyak menghabiskan waktu di rumah. "Sekarang," ujarnya diiringi tepukan tangan, "Saya keluar rumah dan menjadi diri sendiri."

Jenner menggambarkan perjalanannya menjadi perempuan, dan berbicara bagaimana ia duduk bersama anak-anaknya untuk membahas rencananya terbuka ke publik. Ia mengatakan ia sadar bahwa mungkin "ini sebabnya Tuhan menciptakan saya ke muka bumi, untuk menceritakan kisah saya... dan membuat perbedaan di dunia."

Jenner bukanlah perempuan transgender pertama yang menjadi Perempuan Glamour Tahun Ini. Tahun lalu, yang mendapat penghargaan adalah aktris Laverne Cox. Tetap saja, penghargaan terhadap Jenner ini memicu perdebatan di media sosial.

"Kami memilih untuk fokus pada hal-hal positif," ujar Jenner melalui juru bicaranya sebelum pengumuman.

​Cindi Leive, pemimpin redaksi majalah Glamour, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa kritikan atas dijadikannya Jenner salah satu penerima penghargaan "jelas memberi apresiasi terhadap permusuhan yang dihadapi komunitas trans yang masih ada di luar sana." [hd]

XS
SM
MD
LG