Tautan-tautan Akses

Cadangan Devisa Tiongkok 2,85 Triliun Dolar


Bank sentral Tiongkok di Beijing

Bank sentral Tiongkok di Beijing

Bank Sentral Tiongkok: Jumlah cadangan mata uang asing negara itu meningkat hampir 200 milyar dolar dalam 3 bulan terakhir tahun.

Tiongkok mengatakan cadangan devisanya telah meningkat 18,7 persen dalam tahun 2010 yang mengakhiri tahun itu dengan jumlah cadangan devisa 2,85 triliun dolar, jumlah yang paling tinggi yang pernah dicapai satu negara.

Bank Sentral Tiongkok mengatakan hari Selasa jumlah cadangan mata uang asing negara itu meningkat hampir 200 milyar dolar dalam 3 bulan terakhir tahun 2010 saja. Ini tercapai setelah peningkatan 195 milyar dolar dalam 3 bulan sebelumnya.

Bank Sentral juga mengatakan dalam bulan Desember jumlah uang beredar M2 meningkat hampir 20 persen. M2 adalah ukuran paling luas jumlah mata uang yang beredar. Jumlah kredit bank untuk bulan ini mencapai 72 milyar dolar yang menempatkan negara tersebut di atas sasaran jumlah uang yang dipinjamkan tahun ini.

Para analis mengatakan data itu menunjukkan likuiditas yang tinggi dalam tata keuangan, yang turut menyebabkan tekanan inflasi. Para pejabat Tiongkok telah mengambil beberapa langkah dalam beberapa bulan ini dalam usaha untuk memperlambat kenaikan harga-raga secara cepat.

XS
SM
MD
LG