Tautan-tautan Akses

AS

Bush, Clinton Dominasi Penggalangan Dana Awal Pilpres AS 2016


Kandidat Capres dari partai Demokrat Hillary Clinton, (kiri) dan partai Republik, Jeb Bush (Foto: dok).

Kandidat Capres dari partai Demokrat Hillary Clinton, (kiri) dan partai Republik, Jeb Bush (Foto: dok).

Dua kandidat calon presiden yang merupakan keluarga terdekat mantan presiden Amerika Serikat menjadi 'mesin penggalangan dana awal' yang efektif untuk kampanye 2016.

Calon dari partai Demokrat, Hillary Clinton dan dari Partai Republik, Jeb Bush tengah membangun operasi politik raksasa untuk memberikan mereka kekuatan bertanding dalam pemilihan pendahuluan tahun depan. Pendukung keuangan mereka telah mengeluarkan lebih dari $ 176 milyar untuk kampanye mereka dan Super PAC yang dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja mereka.

Rabu (15/7), untuk pertama kalinya media diperkenankan untuk mengintip kegiatan di balik tirai penggalangan dana para kandidat calon presiden yang diunggulkan, dengan kampanye pengajuan laporan penggalangan dana awal untuk para regulator federal. Super PAC akan mengajukan dokumen yang sama pada akhir bulan ini.

Pengeluaran Dana Kampanye

Laporan terbaru menunjukkan kampanye Clinton menghabiskan dana dengan cepat: mantan ibu negara dan unggulan utama partai Demokrat ini telah menggunakan 40 persen dari $47 juta penggalangan dana hingga akhir Juni, memperkerjakan sekitar 364 orang dan membangun infrastruktur di seluruh negeri dalam persiapan untuk pemilihan umum tahun depan.

Bush, mantan gubernur Florida, anak dan saudara mantan presiden Amerika, menurut laporan telah menghabiskan lebih dari seperempat dari $11,4 juta dalam penggalangan dana yang dikumpulkannya dalam 16 hari terakhir bulan Juni. Kampanyenya menghabiskan dana untuk menggaji karyawan dan konsultan kebijakan.

Komisi Pemilihan Federal Rabu melaporkan tentang aktivitas keuangan antara 1 April hingga 30 Juni, periode ketika hampir semua dari 22 calon presiden mulai berlomba, dan daftar nama-nama orang yang memberikan sumbangan setidaknya $200. Kontribusi maksimal untuk pemilihan pendahuluan adalah $2.700.

Dokumen FEC juga menunjukkan bagaimana calon menghabiskan - atau menyimpan dana: di kubu partai Republik, Senator Marco Rubio dari Florida, mulai Juli meraih hampir $ 10 juta, tepat di depan Bush, dan jauh di depan dari sisa paket GOP (partai Republik).

Perolehan Dana

Seorang kandidat capres merupakan bagian dari cerita 'perolehan dana'.

Super PACs dapat menerima kontribusi dalam berbagai jumlah. Mereka membatasinya dengan seberapa dekat mereka dapat bekerja untuk kampanye ini, tetapi sering dikelola oleh orang-orang kepercayaan yang dekat dengan calon. Dalam banyak kasus, calon sendiri memiliki "diberkati" dengan PAC yang super dan bernada dengan penggalangan dana mereka.

Kelompok ini dan kelompok luar yang kuat lainnya mencapai sekitar dua-pertiga dari sekitar $400 juta untuk pemilihan presiden, menurut hitungan Associated Press, dokumen FEC dan total keuangan yang diberikan oleh kelompok yang belum dilaporkan.

Tidak ada kandidat lain yang saat ini telah menggunakan super PAC dan potensi yang sumbangan tak terbatas mereka sebanyak Bush.

Sebelum ia resmi mengumumkan pencalonannya, ia menghabiskan enam bulan pertama tahun ini untuk meningkatkan penggalangan dana. Kelompok tersebut mengatakan penggalangan dana tersebut mencapai rekor $103 juta.

Penggalangan Dana

Kelompok-kelompok di luar itu melanjutkan ambisi setidaknya empat calon presiden dari Partai Republik lainnya: Rubio, Senator Texas Ted Cruz, Gubernur Texas Rick Perry dan Gubernur Ohio John Kasich. Dalam setiap kasus, penggalangan dana untuk entitas ini melampaui penggalangan dana untuk kampanye mereka.

Rubio mengambil dari keseluruhan donor - $44,7 juta untuk kampanye dan dua kelompok di luar - termasuk $15,8 untuk nirlaba yang tidak akan mengajukan informasi anggaran publik sampai setidaknya tahun depan dan terus menjadi rahasia para donor.

Beberapa donor merahasiakan sumbangan mereka karena alasan lain: terlalu kecil. FEC hanya membutuhkan nama dan informasi identitas bagi orang-orang yang memberikan lebih dari $200.

Para kontributor seperti ini banyak mendukung kampanye kandidat calon presiden dari partai Demokrat Vermont Senator Bernie Sanders. Laporan FEC menunjukkan, lebih dari tiga-perempat dari $13,7 juta berhasil dikumpulkannya. Sanders juga memperoleh transfer $1,5 juta dari rekening kampanye Senat aktifnya.

Pensiunan ahli bedah saraf Ben Carson, juga berhasil dalam mengumpulkan para donor yang menyumbang dalam jumlah kecil. Sekitar 68 persen-nya $10,6 juta penggalangan dana tahun ini merupakan kontribusi dari para donor yang memberikan dana sekitar $200 atau kurang. Carly Fiorina, teknologi eksekutif California juga ingin mencalonkan diri mewakili Partai Republik, menaikkan perolehan dana 43 persen dari $1,7 juta dengan cara ini.

Kontrol atas penggunaan uang dunia

Karena uang diberikan langsung kepada para kandidat, mereka memiliki kontrol yang lebih ketat atas bagaimana dana tersebut dipergunakan.

Sebagai perbandingan, tiga persen dari kas kampanye Bush dan 17 persen dari Clinton berasal dari donor kecil.

Beberapa kandidat Partai Republik utama tidak disebutkan di laporan dana kampanye awal. Kasich belum secara resmi meluncurkan kampanyenya.

Wisconsin Gov. Scott Walker and New Jersey Gov. Chris Christie made their campaigns official too recently to file second-quarter FEC reports, although a Christie-allied super PAC said on Tuesday that it has raised $11 million. The first look at their campaign numbers will come in mid-October.

Baru-baru ini Gubernur Wisconsin Scott Walker dan Gubernur New Jersey Chris Christie memerintahkan staf kampanye mereka untuk mengajukan laporan FEC kuartal kedua, meskipun super PAC yang merupakan sekutu Christie mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah mengumpulkan $11 juta. Jumlah dana yang digunakan untuk kampanye mereka akan diumumkan pertama kali pada pertengahan Oktober mendatang.

XS
SM
MD
LG