Tautan-tautan Akses

Para Penambang Chili yang Pernah Terperangkap Tuntut Pemerintah


Para buruh tambang di Chili sesaat setelah berhasil dibebaskan, setelah terperangkap berbulan-bulan (foto: 15 Oktober 2010).

Para buruh tambang di Chili sesaat setelah berhasil dibebaskan, setelah terperangkap berbulan-bulan (foto: 15 Oktober 2010).

Tuntutan yang diajukan Jumat itu meminta kompensasi setengah juta dolar untuk setiap buruh tambang atas kelalaian pemerintah.

Tiga puluh satu dari 33 penambang yang terperangkap di bawah tanah di sebuah pertambangan tahun lalu telah menuntut pemerintah karena kelalaian. Pengaduan yang diajukan hari Jumat itu, meminta ganti-rugi sebesar setengah juta dolar untuk masing-masing penambang.

Pengacara kelompok penambang itu mengatakan, dinas yang bertugas mengawasi standar keamanan di pertambangan San Jose di Copiapo tidak menjamin lingkungan kerja yang aman.

Empat belas dari 33 penambang pada awal bulan ini mengatakan, mereka ingin pensiun karena tidak sanggup mengatasi efek fisik dan kejiwaan karena terperangkap selama 69 hari di bawah tanah.

Kantor berita AP melaporkan Presiden Chili Sebastian Pinera mempertimbangkan permohonan pensiunan itu dan akan mengambil keputusan minggu depan apakah akan memberi uang pensiun sebesar 428 dolar per bulan kepada masing-masing 14 penambang itu.

Tiga puluh tiga penambang terperangkap sejauh 700 meter di bawah tanah dari 5 Agustus hingga 13 Oktober, 2010.

Operasi Penyelamatan mereka yang spektakuler itu disiarkan televisi ke seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG