Tautan-tautan Akses

Bursa Saham Eropa, AS Merosot Karena Ketidakpastian di Yunani


Pertemuan para pejabat keuangan Eropa di Brussels, Belgia memberikan pesan tegas soal keanggotaan Yunani pada zona euro (foto: dok).

Pertemuan para pejabat keuangan Eropa di Brussels, Belgia memberikan pesan tegas soal keanggotaan Yunani pada zona euro (foto: dok).

Bursa saham Eropa dan Amerika anjlok sementara para pialang menyuarakan kekhawatiran baru tentang ketidakpastian politik di Yunani.

Para pialang juga menyuarakan kekhawatiran apakah Yunani bisa menjadi negara pertama yang keluar dari serikat 17 negara pengguna mata uang euro yang dikenal sebagai eurozone.

Indeks saham di London, Paris dan Frankfurt semua turun lebih dari dua persen dalam perdagangan Senin sore, sementara bursa utama di New York turun sekitar 1 persen saat perdagangan dibuka untuk minggu ini.

Nilai mata uang euro juga turun di bawah 1,29 dolar AS untuk pertama kalinya dalam hampir empat bulan.

Salah satu analis pasar Eropa, Theodore Krintas, mengatakan ketidakmampuan pemimpin politik Yunani untuk membentuk pemerintahan baru dan ketidakpastian apakah mereka akan mengikuti program penghematan untuk mengurangi defisit telah mengarah pada gejolak di pasar keuangan.

Pemimpin Eropa menekan Yunani agar mematuhi ketentuan perjanjian yang mereka capai awal tahun ini, yang meminta pemotongan tajam untuk anggaran sosial, pajak yang lebih tinggi dan penghapusan pekerjaan pemerintah sebagai imbalan dana talangan internasional kedua bagi negara itu dalam dua tahun terakhir.

Sementara, kepala keuangan pemerintah Eropa berkumpul di Brussels, pesan mereka untuk Athena tegas. Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Garcia-Margallo mengatakan kelanjutan peran Yunani di zona euro tergantung pada kepatuhan Yunani pada aturan main.

Departemen Keuangan Jerman mengatakan, posisi satu-satunya dan yang benar bagi Yunani adalah untuk mematuhi janjinya pada langkah-langkah penghematan.
XS
SM
MD
LG