Tautan-tautan Akses

Burkina Faso Lantik Presiden Baru


Michel Kafando telah dilantik sebagai presiden sementara Burkina Faso, Selasa (18/11).

Michel Kafando telah dilantik sebagai presiden sementara Burkina Faso, Selasa (18/11).

Mantan Menlu Michel Kafando dipilih sebagai presiden sementara hari Senin (17/11) oleh sebuah komite dari perwakilan militer, politisi dan masyarakat sipil serta pemimpin agama.

Michel Kafando telah dilantik sebagai presiden sementara Burkina Faso, dengan tugas mengantarkan negara di Afrika Barat itu kembali ke pemerintahan sipil.

Kafando berjanji akan menghormati konstitusi dan piagam transisi dalam upacara yang disiarkan secara nasional melalui televisi hari Selasa (18/11) di ibukota, Ouagadougou.

Presiden baru itu kini bertugas untuk menunjuk seorang perdana menteri dan ikut membentuk pemerintahan interim beranggotakan 25 menteri yang akan memimpin Burkina Faso menuju pemilu baru dalam setahun.

Militer Burkina Faso mengambil alih kekuasaan 1 November setelah Presiden Blaise Compaore yang telah lama berkuasa mengunduran diri secara tiba-tiba.

Presiden Kafando dipilih sebagai presiden sementara hari Senin oleh sebuah komite dari perwakilan militer, politisi dan masyarakat sipil serta pemimpin agama. Pemimpin berusia 72 tahun itu tidak akan diizinkan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu mendatang.

XS
SM
MD
LG