Tautan-tautan Akses

AS

Jaringan Waralaba AS ‘Burger King’ Beli Perusahaan Kanada


Burger King memperbesar jaringan di Kanada dengan membeli jaringan pengecer 'Tim Horton' (foto: dok).

Burger King memperbesar jaringan di Kanada dengan membeli jaringan pengecer 'Tim Horton' (foto: dok).

Hari Selasa (26/8), Jaringan restoran hamburger AS 'Burger King' membeli pengecer kopi dan donat Kanada 'Tim Horton' dengan harga 11 milyar dolar.

Jaringan restoran hamburger Amerika yang besar, Burger King membeli perusahaan Kanada pengecer kopi dan donat Tim Horton dengan harga 11 milyar dolar, penggabungan yang menciptakan perusahaan cepat saji terbesar ketiga di dunia.

Penjualan tahunan perusahaan gabungan itu diperkirakan sebesar 23 milyar dolar dengan 18 ribu restoran di 100 negara.

Akuisisi oleh Burger King itu didanai sebesar 3 milyar dolar oleh perusahaan yang dipimpin investor terkenal Amerika, Warren Buffet, meskipun ia tidak berencana membantu mengelola perusahaan gabungan baru itu.

Kedua jaringan makanan cepat saji itu berencana akan membuka kantor pusat mereka di Kanada, karena akan menguntungkan mereka dalam bidang keuangan. Tapi itu bisa memperpanas perdebatan di Amerika mengenai sejumlah perusahaan Amerika yang beberapa tahun belakangan ini membuka kantor pusat mereka di luar negeri untuk memanfaatkan pajak yang lebih rendah.

Presiden Amerika Barack Obama menyebut hal itu kesepakatan “penghindaran pajak” untuk mengelak dari pajak Amerika. Ia juga mengatakan hal itu tidak patriotik dan bertekad akan melarangnya.

Burger King menyebut dirinya "Home of the Whopper," salah satu jenis hamburger dalam menunya, sementara perusahaan Kanada itu didirikan tahun 1964 oleh pemain hockey Tim Horton, yang tewas satu dekade kemudian dalam kecelakaan mobil.

XS
SM
MD
LG