Tautan-tautan Akses

Bunuh Diplomat AS, Pria Mali Dihukum 25 Tahun


Alhassane Ould Mohamed, pria warganegara Mali. menjadi buron ketika melarikan diri dari penjara tahun 2013 (foto: dok).

Alhassane Ould Mohamed, pria warganegara Mali. menjadi buron ketika melarikan diri dari penjara tahun 2013 (foto: dok).

Hakim federal AS menghukum seorang pria Mali 25 tahun penjara atas pembunuhan seorang diplomat Amerika 15 tahun yang lalu di Niger.

Seorang hakim federal Amerika telah menghukum warga Mali yang terkait dengan kelompok-kelompok ekstremis di Afrika dengan hukuman penjara 25 tahun atas pembunuhan seorang diplomat Amerika 15 tahun yang lalu di Niger.

Terdakwa Alhassane Ould Mohamed dibawa ke Amerika, ditahan dan didakwa tahun 2013 atas pembunuhan William Bultemeier dan upaya pembunuhan seorang Marinir Amerika ketika keduanya keluar dari sebuah restoran di ibukota Niger, Niamey, bulan Desember 2000.

Penyidik mengatakan Mohamed, yang juga dikenal sebagai Cheibani, dan seorang penyerang lainnya menghadang kedua warga Amerika itu dan meminta kunci kendaraan mereka, yang menggunakan plat diplomatik Amerika. Jaksa mengatakan kedua laki-laki bersenjata itu kemudian melepaskan tembakan, menewaskan Bultemeier dan mencederai staf Korps Marinir Sersan Christopher McNeely.

Polisi di Mali kemudian menangkap Mohamed, yang kemudian melarikan diri dari tahanan dan buron hingga ditangkap kembali delapan tahun kemudian ketika ia terlibat dalam serangan terhadap konvoi diplomatik Saudi di Niger yang menewaskan empat orang.

Selagi menjalani hukuman 20 tahun terkait serangan itu, ia kembali melarikan diri dari penjara pada tahun 2013.

Mohamed ditangkap kembali akhir tahun itu oleh pasukan Prancis dan diekstradisi ke Amerika. Ia mengaku bersalah bulan lalu atas pembunuhan Bultemeier sebagai bagian dari kesepakatan pembatasan hukumannya maksimal penjara 25 tahun. [zb/ds]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG