Tautan-tautan Akses

Bulgaria Siap Laksanakan Pemilihan Presiden Babak Kedua


Rosen Plevneliev kandidat partai yang berkuasa (kanan) dan Ivailo Kalfi, kandidat dari partai Sosialis, keduanya akan maju dalam putaran kedua pilpres presiden Bulgaria (foto:dok).

Rosen Plevneliev kandidat partai yang berkuasa (kanan) dan Ivailo Kalfi, kandidat dari partai Sosialis, keduanya akan maju dalam putaran kedua pilpres presiden Bulgaria (foto:dok).

Pemilihan Presiden putaran kedua akan berlagsung di Bulgaria yang akan mempertemukan kembali calon kuat dari partai yang berkuasa, Rosen Plevneliev dengan kandidat Sosialis Ivailo Kalfin.

Jajak pendapat usai pemilu di Bulgaria menunjukkan calon dari partai yang berkuasa Rosen Plevneliev kemungkinan akan memenangkan pemilihan presiden hari Minggu, tetapi tanpa suara yang cukup untuk menghindari pemilihan babak kedua.

Jajak pendapat itu memberi Plevneliev sekitar 40 persen suara, sementara penantang terdekatnya, kandidat Sosialis Ivailo Kalfin, memiliki sekitar 30 persen suara. Jika pejabat menyokong hasil itu, keduanya akan berhadapan lagi Minggu depan untuk putaran dua.

Pejabat Bulgaria mengatakan bahwa secara keseluruhan pemilihan itu bebas masalah. Para pejabat Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) juga mengatakan, secara keseluruhan, mereka senang dengan pemilihan presiden dan lokal hari Minggu. Tapi mereka prihatin tentang tuduhan yang luas terkait pembelian suara, dan mereka mencatat kurangnya liputan media lokal yang independen.

Ekonomi Bulgaria menjadi isu utama kampanye, dengan kandidat oposisi menuduh partai konservatif GERB yang berkuasa mengulur-ulur reformasi penting.

Negara ini hanya mengalami pertumbuhan ekonomi sedikit, dengan pengangguran tetap menjadi masalah. Tetapi Bulgaria diduga tidak akan mengupayakan dana talangan ekonomi seperti beberapa negara Uni Eropa lain yang lebih besar dan lebih kaya.

Pemenang pemilihan itu akan menggantikan Presiden Georgi Parvanov, yang dilarang konstitusi menjabat kembali sebagai presiden untuk lima tahun yang ketiga kalinya.

XS
SM
MD
LG