Tautan-tautan Akses

Bulgaria Selenggarakan Pemilu Presiden


Poster pasangan Capres dan Cawapres partai GERB Bulgaria, Tsetska Tsacheva (kiri) dan Plamen Manushev di Sofia (foto: dok).

Poster pasangan Capres dan Cawapres partai GERB Bulgaria, Tsetska Tsacheva (kiri) dan Plamen Manushev di Sofia (foto: dok).

Jajak pendapat menunjukkan tidak satupun dari 21 calon presiden Bulgaria akan menang pilpres dalam pemilihan putaran pertama hari Minggu (6/11).

Ketua parlemen Bulgaria dan calon presiden Tsetska Tsacheva memberikan suaranya dalam pemilu presiden negara itu di Sofia hari Minggu (6/11).

Tsacheva, pengacara usia 58 tahun adalah calon presiden partai GERB yang beraliran kanan tengah pimpinan Perdana Menteri Boiko Borisov.

Jajak-jajak pendapat menunjukkan tidak satupun dari 21 calon presiden Bulgaria akan menang dalam pemilihan putaran pertama dengan memperoleh lebih dari 50% suara yang diperlukan dan pemilihan presiden putaran kedua akan diadakan 13 November.

Untuk menjadi presiden perempuan pertama di negara yang berpenduduk 7,2 juta orang itu, Tsacheva harus mengalahkan saingannya dari partai Sosialis yang beroposisi, Rumen Radev, usia 53 mantan pilot tempur dan pimpinan AU Bulgaria.

Jika terpilih Tsacheva diperkirakan akan melanjutkan kebijakan LN pro Eropa presiden saat ini Rosen Plevneliev, sementara saingan utamanya dianggap lebih bersimpati kepada Rusia. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG