Tautan-tautan Akses

Bulan Paling Terang dalam 69 Tahun Terlihat Senin


'Supermoon' terlihat di balik Puri Almodovar, di Cordoba, Spanyol selatan Minggu malam (13/11).

'Supermoon' terlihat di balik Puri Almodovar, di Cordoba, Spanyol selatan Minggu malam (13/11).

Bulan paling terang dalam hampir 69 tahun menerangi langit hari Senin (14/11), dan dinikmati pengamat bintang di seluruh dunia.

Fenomena yang dikenal sebagai supermoon, mencapai puncak pendar di Amerika Utara sebelum fajar hari Senin (14/11). Sedangkan Asia dan Pasifik Selatan menyaksikannya Senin malam. Dan di seberang garis internasional di Selandia Baru, puncak pendar bulan tampak selepas tengah malam waktu setempat.

Bulan mengorbit Bumi dalam garis edar berbentuk lonjong. Bulan akan tampak paling terang minggu ini karena berada lebih dekat ke Bumi dalam orbit elips dibandingkan kapan pun sejak Januari 1948. Supermoon juga akan menyebabkan air pasang lebih tinggi, dan surut banyak pada keesokannya.

Menurut situs web astronomi, earthsky.org, istilah supermoon digunakan lima tahun lalu ketika bulan purnama terdekat terjadi pada 19 Maret 2011. Istilah ilmiahnya adalah perigee purnama.

Tahun 2034, posisi bulan bahkan akan lebih dekat dengan bumi, kira-kira 356 km, sehingga akan disebut pula supermoon. [ka/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG