Tautan-tautan Akses

Buka Telinga dan Kita akan Dengarkan Nyanyian Alam yang Indah

  • Rosanne Skirble

Seorang teknisi suara memasang peralatannya untuk merekam "nyanyian" bukit pasir di Gurun Mohave, California. (Foto: Trevor Cox)

Seorang teknisi suara memasang peralatannya untuk merekam "nyanyian" bukit pasir di Gurun Mohave, California. (Foto: Trevor Cox)

Planet kita berkomunikasi dengan kita, jika saja kita mau diam sejenak dan menyimak. Demikian ujar Trevor Cox, insinyur akustik pada University of Salford di Inggris dan penulis The Sound Book: The Science of The Sonic Wonders of The World.

Anda bisa mendengar Chopin dimainkan pada organ terbuat dari formasi gua di Luray Caverns di Virginia.

Anda mungkin tidak pernah melihat landak pemalu, tetapi pasti mendengar seruannya di lahan basah air tawar tempat ia tinggal.

Trevor Cox mendokumentasi suara-suara luar biasa itu dalam buku karyanya, “The Sound Book.”

"Saya membayangkan, akan cukup mudah menemukan banyak tempat menarik untuk menyimak suara-suara, tetapi sebenarnya kita hidup dalam masyarakat yang sangat didominasi indera penglihatan. Jadi mudah menemukan gambaran pemandangan indah, tetapi jauh lebih sulit menemukan deskripsi suara yang indah,” kata Trevor Cox.

Dengan bantuan seniman suara, insinyur akustik dan media sosial, Cox menyatukan kegiatan mendengar dan merekam.

Musik, kata Cox, bergema. Begitu juga suara tembakan. Bergema selama dua menit, suara tembakan mencetak rekor baru sebagai gema terpanjang di dunia.

Cox juga mendapati suara unik tersembunyi – misalnya suara seperti burung ketika kita bertepuk tangan sambil menuruni tangga.

Cox mendapati suara keajaiban alam di Padang Pasir Mohave di California. Gelombang pasir bernyanyi memang jarang tetapi, menurut Cox, orang China kuno, Charles Darwin dan Marco Polo menulis tentang fenomena pasir bernyanyi ini.

Suara dengung itu timbul akibat aliran butiran pasir yang terdorong angin.

"Sayangnya angin tidak menimbulkan suara tersebut ketika saya berada di sana. Jadi, saya harus menciptakan longsor pasir. Jadi, saya duduk di pasir, kemudian menggelosor menuruni bukit dan menimbulkan longsor. Hasilnya, suara dengung menakjubkan ini, yang tidak hanya bisa didengar, tetapi seperti menggetarkan seluruh tubuh juga,” papar Trevor Cox.

Dan, tidak jauh dari padang pasir Mohave, masih di California, Cox bermobil melaju di atas bentangan jalan yang menimbulkan suara yang tidak nyaman didengar.

Menurut Cox, kita tidak perlu pergi ke tempat yang eksotis untuk mendengar suara-suara yang luar biasa. Ia menyarankan, buka telinga supaya bisa mendengar keajaiban di sekitar.
XS
SM
MD
LG