Tautan-tautan Akses

Bruno Mars Dongkrak Penjualan Album Lewat MP3 Amazon


Penyanyi Bruno Mars saat tampil dalam pergelaran busana Victoria's Secret di New York (7/1). (Reuters/Carlo Allegri)

Penyanyi Bruno Mars saat tampil dalam pergelaran busana Victoria's Secret di New York (7/1). (Reuters/Carlo Allegri)

Penjualan album penyanyi Bruno Mars terdongkrak lewat diskon pengunduhan digital di situs MP3 milik Amazon.

Penyanyi R&B Bruno Mars menempati tempat teratas daftar album terlaris Billboard 200, Rabu (6/3), untuk pertama kalinya setelah penjualan di Internet dengan potongan harga mendongkrak penjualan album “Unorthodox Jukebox” beberapa bulan setelah dirilis.

Album tersebut, dengan hit "Locked Out of Heaven," terjual 95.000 keping minggu lalu, menurut data dari Nielsen SoundScan.

Majalah industri musik Billboard mengatakan 64.000 unit album tersebut diunduh secara digital menyusul diskon satu hari seharga US$1,99 di situs MP3 Amazon.com.

Atoms for Peace, grup rock yang digawangi vokalis Radiohead Thom Yorke, menduduki peringkat kedua dengan album perdana “Amok” yang terjual 50.000 unit.

Album Mumford & Sons berjudul “Babel” yang meraih Grammy Award jatuh dari peringkat pertama ke peringkat ketiga, sementara peringkat keempat diisi oleh duo hip-hop Macklemore & Ryan Lewis lewat album "The Heist".

Tiga dari empat album teratas, yaitu selain album Bruno Mars, didistribusikan oleh perusahaan independen, bukannya konglomerat besar. Hal ini terjadi pertama kalinya sejak Nielsen SoundScan mulai menelusuri penjualan album musik pada 1991, tulis Billboard.

Untuk daftar lagu digital, lagu rap lucu dari Macklemore & Ryan Lewis "Thrift Shop" ada di peringkat pertama selama delapan minggu berturut-turut dengan 326.000 pengunduhan, atau 10 persen lebih rendah dari minggu lalu.

Lagu Bruno Mars "When I Was Your Man" ada di tempat kedua, bertukar tempat dengan video viral "Harlem Shake" oleh artis musik elektronik Baauer, yang ada di peringkat ketiga minggu ini.

Pengunduhan lagu digital mencapai 253,8 juta tahun ini, turun 2 persen dibandingkan periode yang sama pada 2012. (Reuters/Eric Kelsey)
XS
SM
MD
LG