Tautan-tautan Akses

'Breaking Bad' Drama Terbaik dalam Emmy Awards 2013


Penulis Vince Gilligan dan pemain serta kru serial 'Breaking Bad' lainnya menerima penghargaan serial drama terbaik pada upacara Emmy Awards (22/9). (AP/Invision/Chris Pizzello)

Penulis Vince Gilligan dan pemain serta kru serial 'Breaking Bad' lainnya menerima penghargaan serial drama terbaik pada upacara Emmy Awards (22/9). (AP/Invision/Chris Pizzello)

Serial dari saluran Internet Netflix tidak mendapat banyak penghargaan, tapi membuat sejarah baru dan mendorong saluran lainnya berinvestasi dalam serial original.

Penghargaan teratas untuk film televisi di Amerika Serikat telah diberikan untuk sebuah serial mengenai seorang guru sekolah yang berubah menjadi gembong narkoba yang brutal.

Primetime Emmy Awards, yang disiarkan Minggu (22/9) malam di Los Angeles, menamakan serial kriminal Breaking Bad sebagai serial drama terbaik untuk pertama kalinya. Penghargaan ini datang dalam musim kelima dan terakhir untuk serial ini.

Sementara itu, penghargaan komedi terbaik diberikan kepada serial Modern Family untuk keempat kalinya berturut-turut.

Yang dianggap sebagai kejutan adalah kemenangan Jeff Daniels sebagai aktor terbaik untuk film drama, atas aktingnya sebagai pembawa berita televisi dalam serial The Newsroom. Sebelumnya, yang menjadi favorit adalah bintang Breaking Bad, Bryan Cranston, yang diperkirakan akan memenangkan penghargaan itu untuk keempat kalinya.

Aktris drama terbaik adalah Claire Danes, yang tahun lalu juga meraih penghargaan sama atas aktingnya sebagai agen CIA yang bipolar dalam drama terorisme, Homeland.

Penghargaan akting untuk komedi diberikan pada aktor Jim Parsons dari serial The Big Bang Theory, dan Julia Louis-Dreyfus untuk Veep.

Netflix, yang membuat sejarah dengan nominasi-nominasi Emmy pertama dalam kategori-kategori utama untuk serial televisi yang disiarkan secara online, hampir pulang dengan tangan kosong. Saluran Internet untuk layanan siaran video itu hanya memenangkan satu penghargaan lewat sutradara terbaik untuk David Fincher dalam serial televisi House of Cards.

Barangkali Netflix merugi karena ikut mendorong momentum bagi Breaking Bad. Karena musim-musim terdahulu dari serial itu tersedia dalam salurannya, penonton bisa melihat kembali episode-episode lama dan terpaku dengannya. Pencipta Breaking Bad Vince Gilligan memuji Netflix karena membantu membangun pemirsa bagi acaranya.

"Saya kira Netflix membantu kita tetap mengudara," ujarnya di belakang panggung. Gilligan menambahkan bahwa ia merasa terkejut dengan kemenangan itu, karena mengira House of Cards yang akan meraih penghargaan utama.

Selain Netflix, layanan penyiaran video lainnya, termasuk Amazon dan Hulu juga berinvestasi dalam serial-serial original dan merekrut bintang-bintang papan atas untuk membintanginya.

Netflix memenangkan tiga Emmy dari 14 nominasi, termasuk dua penghargaan untuk hasil kerja kreatif yang diberikan seminggu lalu. Meski tidak mendapatkan penghargaan teratas untuk serial drama atau akting, saluran Internet tersebut, yang memiliki 37 juta pelanggan di seluruh dunia, mendapatkan banyak perhatian karena serial original House of Cards dan membuktikan bahwa acara daring dapat bersaing dengan drama-drama televisi berkualitas tinggi. (VOA/Reuters)
XS
SM
MD
LG