Tautan-tautan Akses

'Break Dancing' Masih Tetap Populer di New York

  • Selah Hennessy

TJ Steele yang lahir dan besar di South Bronx membentuk kelompok Breakatronz, yang menari break dancing di jalan-jalan sibuk kota New York.

TJ Steele yang lahir dan besar di South Bronx membentuk kelompok Breakatronz, yang menari break dancing di jalan-jalan sibuk kota New York.

'Break dancing' atau tari patah-patah muncul di New York puluhan tahun lalu dan masih tumbuh subur di jalan-jalan kota itu.

TJ Steele besar di South Bronx, salah satu distrik paling miskin di Amerika dan tempat kelahiran break dancing.

TJ mulai menari ketika ia baru berusia lima tahun. Kini dalam usia 19 tahun ia sudah mengelola sebuah kelompok tari bernama “Breakatronz.”

Kelompok yang melibatkan dua saudara laki-lakinya itu sehari-hari menari di jalan-jalan bawah tanah atau subway dan jalan-jalan sibuk di New York. Menari merupakan sarana untuk menyalurkan stress dalam hidupnya.

Ia mengatakan, “Kita menari agar merasa bebas. Kita harus menjadi diri kita sendiri. Kita bebas mengekspresikan diri kita dan hanya melakukan apa yang ingin kita lakukan. Kita tidak merasa sakit. Break dancing seperti obat bebas narkoba.”

Tanpa menari, katanya, ia tidak tahu masalah apa yang mungkin melilitnya, karena dibesarkan di Bronx.

“Hidup di Bronx berat. Saling melempar lelucon satu sama lain, orang berkelahi, orang mati, tidak setiap hari tapi sekali-sekali. Saya tidak tahu. Hidup di sana berat, dan jika bukan karena break dancing, saya mungkin sudah menjadi bagian dari data statistik, tinggal di rumah yang miskin, di penjara, tewas atau hal-hal yang lebih buruk lainnya.”

Imani Johnson adalah seorang dosen tamu di Universitas New York. Ia merupakan pakar break dancing yang juga dikenal sebagai b-boying.

Ia mengatakan, “B-boying adalah budaya menari yang terkait dengan hip hop, berkembang luas pada awal tahun 70-an, terutama berasal dari South Bronx, tetapi juga menyebar ke seluruh New York City. B-boying adalah tarian yang berkembang di luar musik funk dan rock tahun 70-an dan juga perkembangan musik rap.”

Sejak dikenal di New York tarian itu menyebar hingga ke seluruh dunia.

“Saya melihat gambar-gambar penari break dance di Palestina. Saya juga kenal satu kelompok di Uganda. Banyak kelompok di berbagai pelosok dunia, bahkan di setiap benua. Kebanyakan penari-penari berpengalaman yang saya kenal memiliki pekerjaan yang luar biasa dan dapat mempertahankan karir mengajar tari atau menjadi juri acara-acara di luar Amerika,” ujar Johnson lagi.

Di kota New York, Breakatronz menjaga gaya tarian agar tetap hidup di kota di mana tarian itu berasal.

XS
SM
MD
LG