Tautan-tautan Akses

Brazil Tidak Setuju Inisiatif Anti-Penggundulan Hutan PBB


Menteri Lingkungan Brazil, Izabella Teixeira (Foto: dok).

Menteri Lingkungan Brazil, Izabella Teixeira (Foto: dok).

Menteri Lingkungan Brazil, Izabella Teixeira, mengatakan, Brazil "tidak diikutsertakan dalam proses persiapan" deklarasi, melainkan hanya diberi salinan naskah dan dimintai persetujuannya tanpa diizinkan mengusulkan perubahan apapun.

Meskipun berperan besar dalam melindungi hutan tropis Amazon, Brazil tidak akan menyetujui insiatif anti-penggundulan hutan yang diumumkan pada KTT iklim PBB, mengeluhkan bahwa negara itu tidak diajak berkonsultasi.

Seorang pejabat PBB menyanggah klaim tersebut. Menteri Lingkungan Brazil, Izabella Teixeira, mengatakan, Brazil "tidak diikutsertakan dalam proses persiapan" deklarasi, melainkan hanya diberi salinan naskah dan dimintai persetujuannya tanpa diizinkan mengusulkan perubahan apapun.

Charles McNeill, penasihat kebijakan lingkungan senior Program Pembangunan PBB, UNDP, menampik tuduhan tersebut.

Deklarasi penghutanan tersebut belum diumumkan, tetapi diduga akan disetujui banyak negara, perusahaan dan organisasi lingkungan, sebagai salah satu agenda utama KTT iklim PBB yang diselenggarakan hari Selasa (23/9).

Meskipun bukan merupakan bagian resmi proses perundingan, pertemuan puncak tersebut dimaksudkan untuk membangun momentum bagi sebuah persetujuan iklim baru menjelang akhir tahun 2015.

PBB berharap, pemerintah negara-negara peserta KTT akan mengumumkan berbagai inisiatif penting, yang dapat meningkatkan kepercayaan terhadap perundingan tahun depan di Paris.

XS
SM
MD
LG