Tautan-tautan Akses

Tim Riset Brazil Lepaskan Nyamuk untuk Perangi DBD


Pelepasan nyamuk yang mengandung bakteri wolbachia oleh tim peneliti UGM dan warga di Yogyakarta Januari lalu (foto: VOA/Nurhadi Sucahyo).

Pelepasan nyamuk yang mengandung bakteri wolbachia oleh tim peneliti UGM dan warga di Yogyakarta Januari lalu (foto: VOA/Nurhadi Sucahyo).

Nyamuk-nyamuk itu diinfeksi dengan bakteri Wolbachia yang mampu mencegah mereka terjangkit penyakit demam dengue.

Tim periset Brazil hari Rabu (24/9) melepaskan ke alam sekelompok nyamuk yang terinfeksi dengan bakteri pencegah demam dengue dengan harapan untuk memberantas penyakit tropis itu secara alami.

Para ilmuwan pada lembaga riset Fiocruz di Rio de Janeiro tersebut ikut serta dalam sebuah proyek global untuk melepaskan nyamuk-nyamuk itu ke alam. Langkah serupa juga dilakukan di Australia, Vietnam dan Indonesia.

Nyamuk-nyamuk itu diinfeksi dengan bakteri Wolbachia yang mampu mencegah mereka terjangkit penyakit demam dengue yang sangat mudah menyebar itu dan menularkannya ke manusia.

Diharapkan bakteri itu akan diturunkan ke generasi-generasi nyamuk mendatang dan pada akhirnya memusnahkan kemampuan serangga itu untuk menyebarkan demam dengue.

Sekitar 390 juta orang di seluruh dunia diperkirakan terjangkit demam dengue setiap tahun.

Demam dengue menyebabkan nyeri sendi dan sakit kepala ekstrem, tetapi biasanya tidak mengancam jiwa. Belum ada penangkal untuk penyakit ini.

XS
SM
MD
LG