Tautan-tautan Akses

Brazil Langsungkan Pilpres Putaran Kedua 31 Oktober


Kandidat kuat Presiden Brazil, Dilma-Rousseff, bersama Presiden Luiz Inacio Lula da Silva dalam kampanye di Sao Paulo, 2 Oktober 2010.

Kandidat kuat Presiden Brazil, Dilma-Rousseff, bersama Presiden Luiz Inacio Lula da Silva dalam kampanye di Sao Paulo, 2 Oktober 2010.

Dilma Rousseff yang didukung Presiden Lula memenangkan pemilihan Presiden pada hari Minggu, tetapi gagal meraih suara mayoritas.

Perempuan yang diharapkan Presiden Brazil Lula da Silva menggantikan dirinya, Dilma Rousseff, memenangkan pemilihan Minggu, tetapi tidak berhasil meraih suara mayoritas guna menghindari pemilihan putaran kedua.

Rousseff yang berjuang untuk menjadi Presiden perempuan Brasil yang pertama, memperoleh dukungan sebesar hampir 47 persen dalam pemilihan presiden, dibandingkan hanya 33 persen untuk penantang utamanya, kandidat dari partai Demokratik Sosial Brasil, Jose Serra.

Marina Silva dari Partai Hijau, mantan menteri lingkungan, memenangkan lebih dari 19 persen, jauh lebih tinggi dari 14 persen yang diramalkan oleh survei.

Presiden Luiz Inacio Lula da Silva yang akan mengundurkan diri, memiliki popularitas tinggi, namun wajib undur setelah menjalani dua masa jabatan. Ia telah mendukung dan berkampanye untuk Rousseff, yang berdinas sebagai menteri energi serta kepala staf da Silva.

XS
SM
MD
LG