Tautan-tautan Akses

BP Mulai Pasang Penyumbat Baru di Sumur yang Bocor


Penyumbat baru yang akan lebih efektif menghentikan kebocoran ini, telah mulai dibangun BP sejak dua bulan lalu.

Penyumbat baru yang akan lebih efektif menghentikan kebocoran ini, telah mulai dibangun BP sejak dua bulan lalu.

Robot-robot kapal bawah laut telah mencopot penyumbat lama untuk melepaskan minyak ke dalam laut.

Menurut perusahaan minyak Inggris British Petroleum, sebuah kubah baru sedang dipasang pada sumur minyak BP yang bocor di dasar laut di Teluk Meksiko. Kalau berhasil, kubah itu akan menyalurkan sebagian besar minyak yang bocor ke kapal tangki di permukaan laut, lewat pipa sepanjang 1,5 kilometer.

Para teknisi BP mulai mengadakan operasi itu hari Sabtu dengan mencopot kubah yang terpasang selama ini, karena kubah itu tidak berhasil menyalurkan sebagian besar minyak yang menghambur keluar dari sumur yang bocor itu.

Kata pejabat BP, diperlukan waktu empat sampai tujuh hari untuk memasang kubah baru itu, dan kalau berhasil, praktis semua minyak yang keluar akan bisa disalurkan ke kapal tangki yang bernama Helix Producer.

Teknisi BP juga sedang mengebor dua sumur baru untuk mengurangi tekanan minyak pada sumur yang bocor itu dan akhirnya menutup sumur itu sama sekali. Tapi, pengeboran kedua sumur baru itu baru akan selesai pertengahan bulan Agustus.

Jika usaha ini berhasil, pejabat tertinggi Amerika yang mengawasi upaya mengatasi kebocoran minyak ini mengatakan kebocoran bisa dinyatakan terkendali. Laksamana Purnawirawan Pengawas Pantai Thad Allen mengatakan penampungan adalah solusi sementara sampai sumur itu disumbat secara permanen.

XS
SM
MD
LG