Tautan-tautan Akses

BP Capai Kesepakatan soal Gugatan Tumpahan Minyak Teluk Meksiko


BP harus membayar para nelayan dan penggugat lainnya miliaran dolar atas kasus tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

BP harus membayar para nelayan dan penggugat lainnya miliaran dolar atas kasus tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

British Petroleum (BP) mengumumkan telah mencapai kesepakatan miliaran dolar dengan para nelayan dan penggugat lainnya dalam kasus tumpahan minyak tahun 2010 di Teluk Meksiko.

Menurut BP, kesepakatan 7,8 miliar dolar itu merupakan satu bagian penyelesaian dalam kasus ini dan mengharapkan uang tersebut diambil dari dana kompensasi 20 miliar dolar yang telah disiapkan sebelumnya.

Kasus pemerintah AS yang melibatkan BP belum diselesaikan.

Hakim AS Carl Barbier mengatakan, perjanjian yang diumumkan Jumat malam itu sekarang akan menuju pengadilan untuk mendapat persetujuan. Dia mengatakan sidang yang tadinya dijadwalkan hari Senin telah ditunda untuk kedua kalinya. Tanggal baru diumumkan.

Kasus ini dipicu oleh ledakan anjungan minyak Deepwater Horizon di Teluk Meksiko di lepas pantai Louisiana pada bulan April 2010.

Ledakan itu menewaskan 11 pekerja dan menyebabkan ratusan juta liter minyak tumpah kawasan Teluk yang terdiri dari beberapa negara bagian, membunuh satwa liar dan menghancurkan mata pencaharian.

Pemerintah AS sedang mengejar kasus terpisah yang berfokus pada tanggung jawab atas ledakan itu. September lalu, sebuah tim pejabat Pengawal Pantai dan pengawas federal mengeluarkan laporan yang menyimpulkan bahwa BP adalah penanggungjawab utama tumpahan itu.

XS
SM
MD
LG