Tautan-tautan Akses

BP Berhasil Pasang Pipa Penyedot Minyak


British Petroleum telah berhasil memasang pipa penyedot tumpahan minyak sepanjang dua kilometer di dasar laut Teluk Meksiko.

Perusahaan minyak Inggris British Petroleum dilaporkan telah mulai menyedot minyak yang keluar dari sumur yang bocor di dasar laut di Teluk Meksiko, lewat pipa sepanjang hampir dua kilometer.

Kata jurubicara BP hari Minggu, para insinyurnya berhasil memasukkan ujung pipa itu ke bagian pipa minyak yang bocor, yang telah menghamburkan ratusan ribu liter minyak ke Teluk Meksiko sejak kecelakan anjungan minyak tanggal 20 April yang lalu.

Pipa yang diturunkan dari kapal itu tidak akan menghentikan kebocoran minyak yang keluar dari sumur di dasar laut itu, tapi akan menyalurkan sebagian minyak ke kapal tanki di permukaan.

Sementara itu, para periset Lembaga Sains dan Teknologi Bawah Laut Amerika telah menemukan apa yang mereka sebut sebagai “gelembung-gelembung minyak raksasa” di perairan dalam Teluk Meksiko.

Kata mereka, ini mengisyaratkan bahwa kebocoran minyak dibawah laut itu jauh lebih besar dari yang diperkirakan semula.

Laporan harian New York Times hari Minggu mengatakan, para pakar menemukan beberapa gelembung minyak raksasa, termasuk sebuah yang berukuran 16 kali lima kilometer. Minyak yang mencemari laut itu menghabiskan oksigen yang terdapat dalam air dan para pakar khawatir banyak kehidupan laut di dekatnya akan musnah.

XS
SM
MD
LG