Tautan-tautan Akses

AS

Bowe Bergdahl Tiba di Amerika


Dalam foto yang diambil dari video di website Suara Jihad 4/6/2014, Sersan Bowe Bergdahl (kanan) terlihat bersama seorang pejuang Taliban di Afghanistan timur.

Dalam foto yang diambil dari video di website Suara Jihad 4/6/2014, Sersan Bowe Bergdahl (kanan) terlihat bersama seorang pejuang Taliban di Afghanistan timur.

Seorang sersan angkatan darat Amerika yang ditahan oleh Taliban di Afghanistan selama hampir lima tahun telah kembali ke Amerika.

Para pejabat militer Amerika mengatakan Bowe Bergdahl, yang telah menjalani rawat inap di sebuah rumah sakit militer di Jerman, tiba Jumat pagi di sebuah rumah sakit Angkatan Darat di San Antonio, Texas.

Sebuah pernyataan Pentagon mengatakan Bergdahl akan memperoleh waktu dan ruang perawatan yang diperlukan untuk menuntaskan penyembuhannya.

Bergdahl, usia 28 tahun, memperoleh kebebasannya dua pekan lalu ketika Presiden Amerika Barack Obama setuju melakukan pertukaran tawanan, dan membebaskan lima tersangka teroris Taliban dari penjara militer Amerika di Teluk Guantanamo, Kuba, dan mengirim mereka ke Qatar, yang setuju untuk mengizinkan mereka tinggal di negara itu selama satu tahun.

Menyusul eforia awal di Amerika menyambut pembebasan Bergdahl, kasus itu telah menimbulkan debat seru di Amerika. Sebagian anggota kongres Amerika mengkritik Obama karena membebaskan anggota Taliban yang mereka yakini pada akhirnya akan berusaha menyerang Amerika dengan berbagai cara, sementara lainnya mengecam Presiden Obama karena mengabaikan undang-undang Amerika yang mengharuskan Kongres diberi pemberitahuan 30 hari sebelum tahanan Guantanamo dibebaskan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG