Tautan-tautan Akses

Bosnia Berpeluang Lolos ke Piala Dunia, Gilas Liechtenstein 4-0


Pemain Bosnia Zvjezdan Misimovic (kiri), Edin Dzeko (tengah) dan Vedad Ibisevic merayakan gol dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia (11/10).

Pemain Bosnia Zvjezdan Misimovic (kiri), Edin Dzeko (tengah) dan Vedad Ibisevic merayakan gol dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia (11/10).

Hari Selasa (15/10), timnas Bosnia akan menghadapi tuan rumah Lithuania di kota Kaunas, dan jika menang Bosnia hampir pasti akan lolos ke Brazil pada Piala Dunia 2014.

Bendera Bosnia dan topi berwarna biru dan kuning menghias jalan-jalan di kota Sarajevo hari Senin menyambut kemenangan negara muda itu dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Liechtenstein.

Dimotori penyerang tengah Edin Dzeko yang bermain untuk klub Manchester City, dan pemain kelahiran Jerman Zvjezdan Misimovic, kesebelasan nasional Bosnia menggilas Liechtenstein 4-0. Ke-empat goal dicetak dalam kurun waktu 12 menit.

Kemenangan itu langsung dimeriahkan dengan permainan kembang-api di stadion Bilino Polje di Zenica.

Bosnia yang berpenduduk suku Serb dan Kroat biasanya mendukung kesebelasan nasional tetangga mereka. Tetapi karena tetangga mereka Serbia sudah tersingkir sedang posisi Kroasia terpuruk, banyak warga Bosnia mencurahkan perhatian pada kesebelasan nasional mereka sendiri yang bermain dengan taktik menyerang.

Para pemain nasional Bosnia ini bermain di berbagai klub di 13 negara dan jumlah goal yang mereka cetak selama kualifikasi menyamai yang dicetak Inggris dan untuk ukuran Eropa hanya di bawah Belanda dengan 32 goal dan Jerman 31 goal.

Bosnia berada dalam Grup-G bersama Yunani dan mengantongi jumlah poin sama 22. Namun Bosnia unggul karena mencetak 29 goal kemasukan 6 sedang Yunani mencetak 10 dan kemasukan 4.

Hari Selasa (15/10), Bosnia akan menghadapi tuan rumah Lithuania di kota Kaunas. Jika dewi fortuna berada di pihak Bosnia dan Bosnia lagi-lagi mencetak kemenangan besar, negara kecil ini akan memastikan mendapat satu tempat dari 32 negara yang berhak tampil dalam turnamen Piala Dunia di Brazil tahun depan.
XS
SM
MD
LG