Tautan-tautan Akses

Bom Tewaskan 8 Orang di Turki Tenggara


Beberapa anggota pasukan pemberontak PKK di pegunungan Irak dekat perbatasan Turki (foto: dok).

Beberapa anggota pasukan pemberontak PKK di pegunungan Irak dekat perbatasan Turki (foto: dok).

Bom pinggir jalan telah menewaskan sekurangnya lima polisi dan tiga warga sipil di distrik Guroymak, provinsi Bitlis, Turki tenggara.

Bom pinggir jalan di distrik Guroymak provinsi Bitlis itu meledak hari Selasa ketika sebuah kendaraan polisi melintas. Korban sipil termasuk seorang anak perempuan. Tiga orang lainnya mengalami luka berat.

Pihak berwenang menduga separatis Kurdi berada di balik serangan itu. Pasukan keamanan telah menelusuri daerah itu untuk mencari para pelaku serangan yang diyakini adalah anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

PKK telah meningkatkan serangan terhadap sasaran-sasaran milik Turki dalam beberapa bulan terakhir, melancarkan sejumlah serangan di Turki tenggara yang telah menewaskan lebih dari 50 personil dan warga sipil Turki sejak bulan Juli.

Pasukan Turki menanggapinya dengan meningkatkan serangan-serangan udara mereka terhadap tempat-tempat yang dicurigai sebagai basis pemberontak di Irak utara. Bulan lalu, militer Turki mengatakan telah menewaskan hingga 160 pemberontak Kurdi dalam serangan udara dan artileri di perbatasan.

Pihak pemberontak telah melancarkan serangan sejak tahun 1984 untuk memperoleh otonomi di kawasan Turki tenggara yang mayoritas penduduknya suku Kurdi. Konflik itu telah menewaskan lebih dari 40 ribu orang.

XS
SM
MD
LG