Tautan-tautan Akses

Bom Tewaskan 5 Tentara NATO di Afghanistan Selatan


Tentara NATO di Afghanistan memeriksa rongsokan kendaraan yang dipakai sebagai bom bunuh diri (foto: dok.).

Tentara NATO di Afghanistan memeriksa rongsokan kendaraan yang dipakai sebagai bom bunuh diri (foto: dok.).

NATO mengatakan 5 tentaranya tewas oleh ledakan bom rakitan pada hari Kamis (11/8), tapi tidak memberikan rincian lain.

Sebuah bom pinggir jalan telah menewaskan lima tentara NATO di Afghanistan selatan. Koalisi itu mengatakan tentara tewas oleh ledakan bom rakitan pada hari Kamis, tapi tidak memberikan rincian lain. Seorang tentara NATO tewas dalam ledakan bom pinggir jalan di wilayah itu sehari sebelumnya.

Di tempat lain di selatan, para pejabat Afghanistan mengatakan lima petugas polisi tewas setelah pemberontak Taliban menyerang pos mereka di provinsi Helmand Rabu malam.

Kekerasan di Afghanistan tetap tinggi hampir 10 tahun setelah dimulainya perang. Hampir 390 tentara asing telah tewas di sana tahun ini, dibandingkan dengan 711 kematian pada tahun 2010.

Pekan lalu, 30 tentara Amerika dan delapan tentara Afghanistan tewas ketika helikopter CH-47 mereka jatuh setelah ditembak oleh gerilyawan Taliban di Lembah Tangi, provinsi Wardak.

Komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, Jenderal John Allen, mengatakan Rabu bahwa serangan udara pasukan koalisi telah membunuh beberapa gerilyawan Taliban, termasuk pemerontak yang menembak jatuh helikopter itu.

Pejabat Taliban pada hari Kamis membantah bahwa militan yang bertanggung jawab atas kecelakaan itu telah tewas, dan mengatakan pejuang itu "sibuk melakukan jihad di tempat lain."

XS
SM
MD
LG