Tautan-tautan Akses

Bom Pinggir Jalan di Afghanistan, 13 Tewas


Pemilihan Presiden di Afghanistan berlangsung relatif aman hari Sabtu (5/4).

Pemilihan Presiden di Afghanistan berlangsung relatif aman hari Sabtu (5/4).

Pihak berwenang Afghanistan mengatakan sebuah bom pinggir jalan telah menewaskan sedikitnya 13 orang di provinsi Kandahar, Afghanistan selatan Senin (7/4).

Para pejabat provinsi mengatakan ledakan itu menghantam sebuah kendaraan yang membawa warga sipil Afghanistan ketika dalam perjalanan di jalan tanah di distrik Maiwand, provinsi Kandahar. Mereka mengatakan lalu lintas telah dialihkan dari jalan utama setelah terjadi ledakan terpisah yang menarget pasukan asing.

Ledakan itu terjadi dua hari setelah warga Afghanistan memberikan suara dalam pemilihan presiden dan anggota dewan provinsi setempat. Taliban telah mengancam uakan mengacaukan pemungutan suara hari Sabtu (5/4), tapi pemilihan berlangsung relatif aman setelah beberapa serangan yang menarget politisi, wartawan dan pasukan keamanan dalam beberapa pekan sebelumnya.

Warga memilih pengganti Presiden Afghanistan Hamid Karzai yang tidak bisa mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan ketiga dan telah menjabat sejak pasukan pimpinan Amerika menggulingkan pemerintahan Taliban tahun 2001.

Kelompok-kelompok pemantau pemilu Afghanistan hari Senin mengatakan pemilu tahun ini tidak mengalami banyak kecurangan dibanding pemilihan presiden tahun 2009, tetapi mereka meminta para kandidat yang menduga terjadi pemalsuan suara untuk melaporkan masalah itu kepada Komisi Pengaduan Pemilu.

Para pejabat telah mulai menghitung surat suara dan hasil awal diperkirakan akan diketahui tanggal 24 April.
XS
SM
MD
LG