Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil Sasar Konvoi NATO, 5 Tewas


Tentara NATO mengamankan lokasi serangan bom mobil di Kabul, Afghanistan, Selasa (30/6).

Tentara NATO mengamankan lokasi serangan bom mobil di Kabul, Afghanistan, Selasa (30/6).

Sedikitnya lima orang tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam serangan di ibukota Afghanistan, Kabul yang terjadi hari Selasa (30/6).

Sedikitnya lima orang dilaporkan tewas dan 20 lainnya luka-luka di ibukota Afghanistan, Kabul, hari Selasa (30/6), sewaktu konvoi NATO diserang bom mobil bunuh diri.

Seorang jurubicara misi nontempur NATO, Resolute Support, mengatakan, seluruh personel dan peralatan telah diamankan dari lokasi serangan di jalan utama menuju bandara Kabul.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kelompoknya melancarkan serangan terhadap konvoi “pasukan pendudukan”, sebutan yang digunakan kelompok pemberontak tersebut terhadap tentara NATO yang berada di Afghanistan.

Beberapa jam sebelumnya, bom mobil bunuh diri menghantam sebuah markas besar polisi di provinsi Helmand, Afghanistan Selatan, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai lebih dari 50 lainnya. Para pejabat menyatakan hampir semua korban adalah warga sipil, termasuk di antaranya perempuan dan anak-anak.

Serangan itu terjadi di Lashkargah, ibukota provinsi Helmand. Para saksi mata menyatakan sebagian markas besar polisi di mana pelaku meledakkan mobilnya yang bermuatan bom terletak di dekat permukiman warga sipil.

Seorang juru bicara gubernur mengatakan pelaku serangan bom bunuh diri ke-dua yang berjalan kaki berupaya menyerang kepala kepolisian regional yang sedang menginspeksi lokasi ledakan sebelumnya. Tetapi pasukan keamanan membunuhnya sebelum pelaku sempat meledakkan bom.

Sementara itu, para pejabat mengukuhkan bahwa serangan roket semalam terhadap sebuah rumah di provinsi Uruzgan melukai 12 anggota sebuah keluarga. Seorang jurubicara gubernur mengatakan kepada VOA, pemberontak Taliban menembakkan roket itu ke arah pos keamanan tetapi roket tersebut jatuh ke permukiman sipil di dekatnya.

XS
SM
MD
LG