Tautan-tautan Akses

Bom Mobil di Kubu Hizbullah Lebanon Lukai 53 Orang


Ledakan bom mobil di Bir el-Abed, di pinggiran ibukota Beirut di kubu Hizbullah Lebanon hari Selasa (9/7).

Ledakan bom mobil di Bir el-Abed, di pinggiran ibukota Beirut di kubu Hizbullah Lebanon hari Selasa (9/7).

Sebuah bom mobil menghantam kubu pertahanan kelompok militan Syiah Lebanon, Hizbullah, di Beirut, Selasa (9/7), sehingga melukai sedikitnya 53 orang.

Ledakan di Bir el-Abed, di pinggiran ibukota itu menyebabkan belasan mobil terbakar dan menimbulkan asap tebal yang membubung ke angkasa. Serangan itu menghantam kawasan komersial yang sibuk dan permukiman permukiman yang juga menjadi lokasi beberapa kantor Hizbullah.

Ketegangan sektarian di Lebanon meningkat menyusul intervensi Hizbullah dalam mendukung pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad yang bertempur menumpas pemberontakan yang dipimpin kelompok Muslim Sunni yang mayoritas di Suriah.

Belum ada yang segera mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, tetapi warga menyalahkan militan Sunni yang mendukung pemberontakan menentang Assad.

Tidak lama setelah pengeboman, para pendukung Hizbullah yang merah menyerbu kawasan tersebut, seraya mengangkat tinggi-tinggi foto pemimpin mereka, Hassan Nasrallah, dan menyerukan slogan-slogan kelompok mereka. .

Lebanon telah mengalami pertempuran sektarian terkait perang saudara di negara tetangga Suriah, dengan sebagian besar kalangan Syiah berpihak pada Presiden Suriah Bashar al-Assad dan kalangan Sunni sebagian besar mendukung pemberontak oposisi.

Pejuang Hizbullah telah berangkat ke Suriah bergabung dengan pasukan Assad. Beirut selatan telah menjadi tempat ledakan lainnya dalam beberapa bulan terakhir, termasuk pada bulan Mei, ketika dua roket menghantam daerah itu.
XS
SM
MD
LG