Tautan-tautan Akses

Bom Meledak di Luar Misi AS di Benghazi, Libya


Polisi Libya siap melakukan patroli di Benghazi (foto: dok). AS meminta Libya meningkatkan pengamanan fasilitas AS di Libya, pasca tewasnya tokoh kedua al-Qaida yang berasal dari Libya: Abu Yahya al-Libi.

Polisi Libya siap melakukan patroli di Benghazi (foto: dok). AS meminta Libya meningkatkan pengamanan fasilitas AS di Libya, pasca tewasnya tokoh kedua al-Qaida yang berasal dari Libya: Abu Yahya al-Libi.

Ledakan bom di luar misi Amerika di kota Benghazi, Libya itu hanya menyebabkan kerusakan pada pintu gerbang misi AS, namun tidak menimbulkan korban.

Ledakan hari Selasa petang (5/6) itu meningkatkan keprihatinan mengenai ketidakstabilan menjelang pemilu bersejarah di negara itu.

Seorang pejabat Amerika di Libya mengatakan serangan tersebut menimbulkan kerusakan pada gerbang depan misi AS. Pejabat yang tidak disebut namanya itu memberitahu VOA hari Rabu bahwa bangunan utama tidak mengalami kerusakan.

Ledakan itu terjadi dua pekan sebelum pemilu bebas Libya pertama sejak Moammer Gadhafi, yang berkuasa melalui kudeta tahun 1969, tewas dalam pergolakan tahun lalu.

Ketegangan meningkat menjelang pemilu tanggal 19 Juni untuk mengisi 200 kursi parlemen yang akan menyusun konstitusi baru dan membentuk pemerintah. Ditengah-tengah kekerasan antar golongan kesukuan ada laporan bahwa pemilu mungkin ditunda.

Hari Senin bandar udara utama Tripoli dibuka kembali setelah semula diduduki milisi yang kecewa. Pemerintah Libya mengatakan telah menguasai kembali bandara Senin petang, beberapa jam setelah milisi menyerbu landas pacu sebagai protes atas hilangnya pemimpin mereka.

Pemboman itu juga terjadi beberapa jam setelah para pejabat Amerika mengatakan bahwa serangan pesawat tak berawak di Pakistan barat laut menewaskan tokoh kedua tertinggi al-Qaida, Abu Yahya al-Libi, seorang warganegara Libya.

Kantor berita Reuters mengutip seorang pejabat Amerika mengatakan Amerika telah minta agar pemerintah Libya meningkatkan pengamanan di sekitar fasilitas-fasilitas Amerika.
XS
SM
MD
LG