Tautan-tautan Akses

Bom di Vihara Indonesia, Respon Serangan Burma


Tim dari kepolisian RI tiba di Vihara Budha Ekayana Grha untuk melakukan penyelidikan terkait ledakan bom kecil Minggu malam (5/8).

Tim dari kepolisian RI tiba di Vihara Budha Ekayana Grha untuk melakukan penyelidikan terkait ledakan bom kecil Minggu malam (5/8).

Kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Burma diyakini menjadi pemicu serangan bom di sebuah vihara Budha di Indonesia.

Para pejabat mengatakan sebuah bom meledak Minggu malam di pintu masuk sebuah vihara di Jakarta, mencederai satu orang dan menyebabkan kerusakan kecil. Sebuah pesan yang melekat pada perangkat bom itu menyebutkan, "Kami mendengar jeritan para Rohingya."

Komisaris Jenderal Polisi Sutarman menyalahkan teroris atas serangan itu.

"Ledakan-ledakan kecil terjadi di pintu depan dan pintu belakang. Pintu kacanya tidak pecah. Yang jelas itu bahan peledak tapi ledakannya sangat kecil sekali, (bom) ditaruh di depan pintu kaca tapi pintu kacanya pun tidak pecah. Yang satu meledak dan yang satu lagi tidak meledak, namun hanya mengeluarkan asap. (Ketika itu) sedang ada kegiatan kebaktian rutin, biasanya kalau Minggu pagi ramai betul disini. Namanya dia membuat ketakutan pasti teroris,” jelas Komisaris Jenderal Polisi Sutarman.

Menkopolhukam Djoko Suyanto mengecam serangan itu karena mengganggu bulan suci Ramadhan dan mengatakan ia telah memerintahkan pasukan keamanan untuk mencari dan menangkap para pelakunya.
XS
SM
MD
LG