Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri Tewaskan Menhan Suriah


Seorang pengebom bunuh diri telah menyerang gedung keamanan nasional di Damaskus dan menewaskan Menteri Pertahanan Suriah, Daoud Rajha (Foto: dok).

Seorang pengebom bunuh diri telah menyerang gedung keamanan nasional di Damaskus dan menewaskan Menteri Pertahanan Suriah, Daoud Rajha (Foto: dok).

Pengebom bunuh diri menyerang gedung keamanan nasional Suriah di Damaskus, menewaskan Menteri Pertahanan Daoud Rajha dan wakilnya, Assef Shawkat, ipar Presiden Bashar al-Assad.

Televisi pemerintah Suriah mengatakan seorang pengebom bunuh diri telah menyerang gedung keamanan nasional di Damaskus, menewaskan menteri pertahanan Daoud Rajha dan wakil menteri pertahanan, Assef Shawkat, ipar Presiden Bashar al-Assad.

Sedikitnya satu kelompok pemberontak mengaku bertanggungjawab atas serangan yang melukai secara serius sejumlah pejabat lainnya yang ambil bagian dalam pertemuan tingkat tinggi hari Rabu (17/7) itu.

Pemerintah Suriah bersumpah akan terus memerangi terorisme dan telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Bersenjata Fahed al-Jasem el Freij sebagai menteri pertahanan baru.

Serangan itu terjadi di tengah-tengah berlangsungnya pertempuran yang sudah berhari-hari antara pasukan pemberontak dan pasukan pemerintah di ibukota.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan melakukan pemungutan suara hari Rabu mengenai resolusi yang akan memperpanjang misi pemantau PBB di Suriah. Mandat misi itu berakhir 20 Juli dan dewan tersebut masih belum mencapai kesepakatan mengenai apakah resolusi baru harus menyertakan ancaman sanksi terhadap pemerintah Presiden Bashar al-Assad.

Inggris, Perancis, Amerika Serikat dan Jerman telah mengusulkan rancangan yang menghendaki sanksi jika Suriah tidak melaksanakan rencana perdamaian utusan PBB Kofi Annan. Rusia telah berjanji untuk memveto resolusi yang memuat ancaman sanksi itu. Rancangan yang diusulkan Rusia tidak memuat sanksi.
XS
SM
MD
LG