Tautan-tautan Akses

Pengebom Bunuh Diri Tewaskan Komandan Polisi Afghanistan Utara


Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi serangan bunuh diri di Taloqan, provinsi Takhar (28/5).

Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi serangan bunuh diri di Taloqan, provinsi Takhar (28/5).

Pelaku mengenakan seragam polisi Sabtu pagi ketika menyerang sebuah pertemuan di kota Taloqan, provinsi Takhar.

Seorang pengebom bunuh diri menyerang kantor gubernur di Afghanistan utara menewaskan sekurangnya tujuh pejabat provinsi dan tentara koalisi NATO.

Jurubicara provinsi Takhar, Faiz Mohammad Tawhedi, mengatakan penyerang itu mengenakan seragam polisi Sabtu pagi ketika menyerang sebuah pertemuan di kota Taloqan, provinsi Takhar. Kelompok Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Tawhedi mengatakan Jenderal Dawood Dawood, komandan polisi di Afghanistan utara dan bekas wakil menteri dalam negeri termasuk diantara yang tewas. Ia mengatakan kepala polisi provinsi ((Shah Jahan Noori)) dan tiga tentara NATO dari Jerman juga tewas.

Pihak berwenang mengatakan 10 orang juga cedera dalam serangan bom itu termasuk gubernur provinsi itu.

Dalam berita lainnya, presiden Afghanistan telah memerintahkan pasukan NATO untuk menghentikan “operasi-operasi khusus dan penggerebekan malam hari”.

Dalam pernyataan hari Sabtu, Hamid Karzai mengatakan pasukan Afghanistan harus melakukan misi-misi ini sendiri. Karzai mengecam, penggerebekan malam hari oleh pasukan NATO, yang tidak disukai warga Afghanistan yang menurut banyak warga Afghanistan menyebabkan kematian warga sipil.

Tapi NATO membela penggerebekan itu, hari Sabtu dengan mengatakan perlu menyerang pemimpin pemberontak Taliban. Pernyataan itu mengatakan NATO akan bekerja sama dengan pasukan Afghanistan untuk mengalihkan penggerebekan pimpinan NATO dengan partisipasi Afghanistan menjadi penggerebekan yang dipimpin tentara Afghanistan.

NATO juga mengatakan dua tentara Inggris tewas hari Jumat akibat bom pinggir jalan di Afghanistan.

XS
SM
MD
LG