Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri di Masjid Afghanistan, 40 Tewas


Para korban serangan bunuh diri di kota Maymana, provinsi Faryab, Afghanistan utara hari Jumat (26/10).

Para korban serangan bunuh diri di kota Maymana, provinsi Faryab, Afghanistan utara hari Jumat (26/10).

Para pejabat mengatakan serangan bunuh diri itu terjadi di masjid di Maymana, ibukota provinsi Faryab, pada awal libur Hari Raya Idul Adha hari Jumat (26/10).

Seorang pembom bunuh diri menyerang sebuah masjid di Afghanistan utara hari Jumat, menewaskan sedikitnya 40 orang dalam salah satu serangan paling mematikan dalam beberapa bulan ini.

Para pejabat mengatakan pelakunya menyerang masjid di Maymana, ibukota provinsi Faryab, pada awal libur Hari Raya Idul Adha.

Menurut para pejabat, sasaran pembom usia muda itu adalah seorang pejabat kepolisian yang sedang sholat Idul Adha di masjid itu. Pejabat itu kabarnya selamat, tapi lebih dari 20 anggota pasukan keamanan tewas akibat ledakan itu. Pihak berwenang mengatakan sejumlah warga sipil, termasuk lima anak-anak, juga tewas.

Belum ada yang segera menyatakan bertanggungjawab, tapi pejabat menuding Taliban.

Wakil Gubernur Faryab, Abdul Sattar Bariz, memberitahu wartawan bahwa serangan hari Jumat itu mungkin merupakan aksi balas dendam atas pembunuhan "Gubernur bayangan" Taliban bagi provinsi itu dalam bentrokan dengan pasukan keamanan awal pekan ini.

Presiden Hamid Karzai mengecam keras serangan itu dengan mengatakan mereka otak pemboman itu adalah musuh Islam dan kemanusiaan. Dalam pernyataan sebelumnya untuk menyambut Idul Adha, Karzai mendesak Taliban agar meletakkan senjata mereka.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG