Tautan-tautan Akses

Boko Haram Serang Desa Chad, 12 Tewas


Peta wilayah Niger, Nigeria, Chad, Kamerun dan Benin.

Peta wilayah Niger, Nigeria, Chad, Kamerun dan Benin.

Para pejabat Chad mengatakan sedikitnya 12 orang tewas, termasuk kepala desa, dalam kekerasan Jumat pagi (13/2) di desa Ngouboua.

Kelompok ekstrimis Boko Haram di Nigeria, telah menyerang sebuah desa di Chad untuk pertama kalinya, sebagai bagian dari upaya memperluas pemberontakan di empat negara.

Para pejabat Chad mengatakan sedikitnya 12 orang tewas, termasuk kepala desa, dalam kekerasan Jumat pagi di desa Ngouboua. Mereka mengatakan, militan itu menyeberangi danau Chad dengan empat perahu bermotor pagi hari.

Kaum militan itu membakar beberapa desa sebelum dipukul mundur oleh pasukan Chad.​

Para pejabat mengatakan angkatan bersenjatanya tidak dapat mengikuti para penyerang itu karena kekurangan perahu bermotor, tetapi helikopter Chad melancarkan serangan di atas danau, menghancurkan perahu-perahu itu dan memukul mundur militan.

Gubernur Wilayah Danau Chad, Bayana Kossingar mengatakan, mereka yang tewas dalam serangan itu termasuk dua tentara, lima penduduk sipil dan lima militan.​

Ngouboua telah menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 pengungsi yang melarikan diri dari kekerasan Boko Haram di Nigeria. Kepala kamp pengungsi di Ngouboua, Idriss Peve mengatakan, tidak seorangpun pengungsi terluka dalam serangan Jumat itu.

Boko Haram sebelumnya pernah melancarkan serangan mematikan terhadap kota-kota di Kamerun dan Niger. Kedua negara itu dan Chad baru-baru ini bergabung dalam ofensif regional untuk menyerang kelompok ekstremis Islam itu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional PBB, Bernadette Meehan mengutuk keras serangan itu dan mengulangi pernyataan, bahwa PBB mendukung upaya negara-negara itu melawan Boko Haram, demi menghormati HAM dan peraturan yang berlaku.

Kelompok ekstrimis itu telah membunuh ribuan orang sejak melancarkan pemberontakan tahun 2009 dan menguasai puluhan kota di Timur Laut Nigeria.

XS
SM
MD
LG