Tautan-tautan Akses

Boko Haram Tewaskan 26 Orang dalam Serangan ke Kota di Nigeria Timur Laut


Maiduguri, Nigeria

Maiduguri, Nigeria

Kelompok militan Islam Boko Haram di Nigeria melancarkan serangan hari Sabtu (30/5) di kota Maiduguri di Nigeria timur laut, menewaskan sedikitnya 26 orang, satu hari setelah pelantikan presiden baru negara itu.

Sebuah ledakan bom bunuh diri di sebuah masjid di Maiduguri menewaskan sedikitnya 18 orang, beberapa jam setelah roket-roket granat meledak di dalam rumah-rumah di kota tersebut. Lebih dari duabelas orang terluka akibat serangan itu.

Presiden baru Nigeria, Muhammadu Buhari, yang resmi dilantik hari Jumat, bertekad menghancurkan Boko Haram dan memindahkan komando operasi militer melawan kelompok militan dari ibukota Abuja ke Maiduguri.

Para saksi mata mengatakan setelah serangan hari Sabtu, kelompok pemuda bersenjata penjaga keamanan lingkungan turun ke jalanan di kota itu untuk mencegah militan Boko Haram masuk ke dalam kota.

Serangan di Maiduguri, ibukota negara bagian Borno, terjadi beberapa jam setelah kelompok teroris Boko Haram membom sebuah tempat pesta pernikahan di Tashan-Alede, sebuah desa pertanian berjarak 270 kilometer dari Maiduguri. Para saksi mata mengatakan ledakan kedua menghantam tempat yang sama selagi orang-orang berusaha menyelamatkan para korban akibat ledakan pertama.

Tujuh orang tewas dan puluhan luka-luka akibat kedua ledakan tersebut.

XS
SM
MD
LG