Tautan-tautan Akses

Boko Haram Tanggung Jawab atas Serangan Gereja di Nigeria


Sebuah gereja di kota Maiduguri, Nigeria yang menjadi sasaran serangan militan Boko Haram menjelang Natal, Desember tahun lalu (foto: dok).

Sebuah gereja di kota Maiduguri, Nigeria yang menjadi sasaran serangan militan Boko Haram menjelang Natal, Desember tahun lalu (foto: dok).

Serangan atas dua gereja di Nigeria terjadi hari Minggu, satu di kawasan timur laut dan satunya lagi di Nigeria tengah.

Kelompok Islam militan Boko Haram mengaku bertanggung-jawab atas serangan yang dilancarkan atas dua gereja di Nigeria hari Minggu, yang menewaskan tiga orang dan melukai 41 lainnya.

Saksi-saksi mata melaporkan, serangan itu terjadi di dua gereja di Nigeria hari Minggu, satu di kawasan timur laut dan satunya lagi di Nigeria tengah.

Kata para saksi, sebuah bom meledak di muka gereja Kristen di kota Jos, yang terletak di kawasan tengah, yang membagi Nigeria menjadi kawasan yang berpenduduk Islam di bagian utara dan Kristen di bagian selatan. Dua orang tewas dan 41 luka-luka.

Serangan kedua terjadi di sebuah gereja di kota Biu di negara bagian Borno di timur laut, menewaskan satu orang. Kelompok Boko Haram tidak mengakui pemerintah Nigeria atau Undang-Undang Dasarnya, dan mengatakan akan terus berjuang untuk mendirikan negara Islam yang menjalankan peraturan agama dengan keras.

Penduduk Nigeria yang berjumlah 150 juta jiwa, terbagi hampir sama antara yang beragama Islam dan Kristen.
XS
SM
MD
LG