Tautan-tautan Akses

Boko Haram: Serangan Udara Nigeria Tewaskan Korban Penculikannya


Pada 14 Agustus 2016, Boko Haram rilis video anak-anak perempuan yang mereka culik dari pada bulan April 2014, menunjukkan beberapa di antara mereka masih hidup dan sebagian tewas akibat serangan udara.

Pada 14 Agustus 2016, Boko Haram rilis video anak-anak perempuan yang mereka culik dari pada bulan April 2014, menunjukkan beberapa di antara mereka masih hidup dan sebagian tewas akibat serangan udara.

Kelompok jihadis Nigeria, Boko Haram, merilis video baru hari Minggu yang menunjukkan sebagian dari anak-anak perempuan Chibok yang diculiknya tahun 2014 dan mengklaim bahwa lainnya telah tewas oleh serangan udara pemerintah.

Video yang dimuat dalam media sosial itu menunjukkan anak-anak perempuan mengenakan jilbab duduk di atas tanah, dan beberapa berdiri di latar belakang. Kira-kira 218 dari ke-276 orang anak perempuan yang diculik dari sekolah terpencil di Nigeria timur laut itu masih hilang walaupun pemerintah Nigeria sudah berusaha lebih dari dua tahun mencari mereka, dan kemarahan di seluruh dunia atas penculikan mereka.

Video itu adalah yang terbaru dirilis oleh pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau yang pada awal Augustus membantah klaim bahwa ia telah digantikan sebagai pemimpin kelompok ektrimis itu.

Dalam video 11 menit itu, seorang pria yang wajahnya ditutupi sorban mengatakan para pemimpin negara di Abuja “hendaknya mengetahui bahwa anak-anak mereka masih dalam tangan kami.”

Ia menambahkan, “ada sejumlah perempuan tersebut, kira-kira 40 dari mereka, telah dikawinkan oleh keputusan Allah. Sebagian dari mereka telah meninggal akibat serangan udara.”

Seorang dari anak perempuan yang diculik itu memohon dalam video itu kepada pemerintah agar membebaskan para militan yang ditahan agar anak-anak perempuan itu dapat dibebaskan.

Tahun lalu, militer Nigeria mengumumkan ditolongnya ratusan orang yang diculik oleh Boko Haram, tetapi walaupun kadang-kadang ada laporan yang mengatakan sebaliknya, anak-anak perempuan Chibok tidak termasuk di antara mereka. [gp]

XS
SM
MD
LG