Tautan-tautan Akses

Boko Haram Serang Pangkalan Militer di Niger


Tentara Chad dan Niger melawan Boko Haram 19 Maret 2015. (Foto: dok.)

Tentara Chad dan Niger melawan Boko Haram 19 Maret 2015. (Foto: dok.)

Kelompok yang diduga militan Boko Haram telah menyerang sebuah markas militer Niger di sebuah pulau di Danau Chad, menyebabkan banyak tentara tewas.

Sumber-sumber militer Niger menyatakan ratusan militan bersenjata yang menaiki kano-kano bermotor menyerang pulau Karamga Sabtu dini hari (25/4).

Jumlah korban belum diungkapkan, tetapi para pejabat yang tidak disebutkan namanya menyatakan militer mungkin mengalami korban jiwa sangat besar.

Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan mengemukakan operasi militer dengan bantuan para sekutu masih berlangsung untuk menyingkirkan militan dari pulau itu.

Niger, bersama-sama dengan Chad, Kamerun dan Nigeria, semuanya berbatasan dengan Danau Chad dan merupakan bagian dari pasukan multinasional yang memerangi Boko Haram di perbatasan timurlaut Nigeria dan sekitarnya.

Boko Haram telah melakukan tindak terorisme sejak 2009 untuk mengubah Nigeria menjadi negara Islam, dan baru-baru ini menyebar melintasi perbatasan untuk menyerang berbagai kota di negara-negara tetangga, Kamerun, Chad dan Niger. Dana Anak-anak PBB menyatakan 800 ribu anak-anak telantar akibat kekerasan oleh Boko Haram, hampir setengah dari 1,5 juta orang yang mengungsi akibat aksi militan itu.

XS
SM
MD
LG