Tautan-tautan Akses

Boko Haram Serang Adamawa, 200 Lebih Tewas


Pasukan keamanan Nigeria mengamankan kota Maiduguri (24/1).

Pasukan keamanan Nigeria mengamankan kota Maiduguri (24/1).

Militan Boko Haram yang menyerang kota Maiduguri dan menewaskan sedikitnya 200 orang pada serangan hari Minggu (25/1).

Bersamaan dengan terjadinya pertempuran sengit antara pasukan Nigeria dan ekstrimis Boko Haram yang menyerang kota Maiduguri yang menewaskan 200 kombatan hari Minggu (25/1).

Boko Haram juga meluluhlantakkan beberapa desa di bagian selatan Adamawa. Mereka menyayat leher warga, menjarah dan membakar rumah-rumah serta menculik perempuan dan anak-anak yang terjebak dalam serangan itu.

Anggota parlemen Adamawa, Adamu Kamale memohon tentara agar melindungi warga sipil di Michika, di mana enam desa juga sedang menghadapi serangan.

Beberapa serangan itu terjadi sewaktu Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry tiba di Lagos – kota perdagangan Nigeria – yang terletak lebih dari 1.500 kilometer di barat daya Maiduguri.

Kerry mengadakan pertemuan dengan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan dan kandidat saingannya – mantan diktator militer Muhammad Buhari. Pejabat-pejabat Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Kerry ingin meminta kedua tokoh itu agar menyerukan kepada para pendukung mereka supaya menahan diri.

Lebih dari 800 orang tewas dalam aksi demonstrasi di bagian utara negara itu setelah Buhari – yang dikenal sebagai tokoh Muslim di Nigeria Utara – kalah dalam pemilu 2011 lalu. Jonathan yang memenangkan pemilu itu dikenal sebagai tokoh Kristen di Nigeria Selatan.

Boko Haram yang menolak demokrasi ingin menjadikan Nigeria sebagai negara Islam. Penduduk Nigeria yang berjumlah sekitar 170 juta, terbagi antara warga Muslim di bagian utara dan warga Kristen di bagian selatan.

XS
SM
MD
LG