Tautan-tautan Akses

Militan Boko Haram Perkuat Kota Gwoza


Kelompok militan Boko Haram kini memusatkan pertahanan mereka di Gwoza, negara bagian Borno (foto: dok).

Kelompok militan Boko Haram kini memusatkan pertahanan mereka di Gwoza, negara bagian Borno (foto: dok).

Militan Boko Haram kini berkumpul di kubu pertahanan mereka di Gwoza, negara bagian Borno di Nigeria timur laut.

Beberapa laporan dari Nigeria mengatakan anggota-anggota kelompok militan Boko Haram kini berkumpul di kubu pertahanan mereka di Gwoza dan mendatangkan bantuan kekuatan dari lokasi lain.

Sebuah sumber inteljen yang memantau situasi itu mengatakan kepada VOA, pasukan militer semakin mendekat ke kota itu dan militan Boko Haram mungkin sedang bersiap mempertahankan Gwoza, yang merupakan salah satu kota utama terakhir yang mereka kuasai di Nigeria timur laut.

Sumber itu mengatakan bantuan kekuatan Boko Haram itu sedang dalam perjalanan dari kubu mereka dekat hutan Sambisa kini menuju ke Gwoza.

Gwoza terletak sekitar 135 kilometer bagian selatan Maiduguri, ibukota negara bagian Borno.

Kantor berita Associated Press melaporkan militan Boko Haram mengepung kota itu dengan ranjau darat dan mengingatkan warga sipil untuk meninggalkan kota itu. Boko Haram mengatakan para pejuangnya telah membebaskan sejumlah remaja putri yang selama ini mereka sandera.

Awal pekan ini sumber VOA mengatakan militan Boko Haram di Gwoza membunuh beberapa warga sipil yang menolak mengangkat senjata bersama Boko Haram untuk mempertahankan kota itu.

XS
SM
MD
LG